Waspadai OTG Covid-19 di Pekanbaru, Ini Penjelasan Jubir

Ryan Edi Saputra
Rabu, 29 Juli 2020 | 09:31 WIB
dr Mulyadi R24/put dr Mulyadi

RIAU24.COM - PEKANBARU - Kasus pasien positif corona banyak ditemukan pada orang tanpa gejala (OTG) dalam dua pekan terakhir di Pekanbaru. Atas temuan OTG itu, sebanyak 340 orang terus dipantau petugas medis.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Dokter Mulyadi, Selasa (28/7/2020), mengatakan, sebanyak 340 orang masih dalam pemantauan. Hal ini menambah tugas para petugas medis di lapangan.

Baca juga: Ternyata Rumah Sakit Apung Bukan Untuk Layani Pasien Covid-19, Begini Penjelasan Walikota Pekanbaru

"Saya membayangkan kerja berat petugas melakukan pelacakan dan pemantauan di lapangan. Mereka juga melakukan pengecekan pasien dan lain sebagainya. Mudah-mudahan bisa dibantu oleh tim gugus tugas yang ada di Kecamatan," harapnya.

Kasus OTG banyak ditemukan di Pekanbaru dalam dua pekan terakhir. Para OTG ini ditemukan dari tangkapan dan penjaringan melalui rapid test atau pun swab massal. 

Baca juga: Minimalisir Genangan Air, PUPR Lakukan Normalisasi Drainase dan Anak Sungai

"Hari ini, tangkapan kasus positif di rumah sakit merupanan orang yang memiliki gejala. Mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit. Hasilnya banyak yang dinyatakan positif," kata Dokter Mulyadi.

Di samping itu, pasien positif corona masih banyak yang tidak ada riwayat perjalanan. Artinya, kemungkinan besar pasien positif corona ini tertular di Pekanbaru atau transmisi lokal.



Informasi Anda Genggam



Loading...