Hewan Kurban Yang Didatangkan ke Pekanbaru Dari Luar Provinsi Riau Wajib Kantongi Surat Keterangan Kesehatan

Ryan Edi Saputra
Rabu, 29 Juli 2020 | 15:08 WIB
Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekannaru saat melakukan tinjauan lapangan R24/put Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekannaru saat melakukan tinjauan lapangan

RIAU24.COM - PEKANBARU - Jelang hari Raya Idul Adha, hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah Provinsi Riau tak terlepas dari pemantauan Bagian Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru.

Pasalnya hampir 80 persen kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru di suplai dari luar daerah Provinsi Riau. Seperti Sumbar, Lampung, Jambi, bahkan dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Ternyata Rumah Sakit Apung Bukan Untuk Layani Pasien Covid-19, Begini Penjelasan Walikota Pekanbaru

“Kami bertugas untuk memantau ketersedian dan kesehatan ternak yang didatangkan dari luar daerah,” ujar Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Herlandria Spt Msc, pada Rabu (29/7/2020).

Lebih lanjut disampaikannya, setiap ternak yang bakal dijadikan hewan kurban wajib mengantongi dokumen baik dokumen kesehatan dan legalitas dari tempat asalnya. Karena hewan kurban berbeda dari hewan yang biasa dipotong untuk dijual, hewan kurban ini haruslah sempurna.

“Dalam pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban dilapangan tetap mematuhi standar kelengkapan dokumen. Seperti surat keterangan kesehatan dan legalitas ternak itu harus ada,” ungkapnya.

Baca juga: Minimalisir Genangan Air, PUPR Lakukan Normalisasi Drainase dan Anak Sungai

Dicontohkannya, Misalnya ternak yang didatangkan dari Sumbar, penjual harus mengantongi dokumen keterangan kesehatan dan surat izin memasukan hewan terbak tersebut ke Pekanbaru. 

“Setelah hal tersebut terpenuhi, kemudian kita akan periksa kembali kesehatan ternak tersebut disini. Apabila ditemui ada ternak yang sakit maka kita tidak akan mengeluarkan surat keterangan kesehtannha,” papar Herlandria.

Ia menghinbau kepada seluruh panitia kurban, masyarakat dan warga Pekanbaru, apabila mencari hewan kurban, atau membeli hewan kurban, mohon ditanya kelengkapan dokumennya.

“Kala belum ada, minta agar penjual tersebut memenuhi dokumen tersebut. Karena kita tidak bisa memastikan hewan-hewan kurban yang didatangkan dari luar apakan sehat atau membawa penyakit,” harapnya.



Informasi Anda Genggam



Loading...