Wabup Halim Dinobatkan Sebagai Cucu Kemenakan Suku Melayu Kenegerian Sentajo

Replizar
Senin, 03 Agustus 2020 | 21:18 WIB
Wabup Halim Dinobatkan Sebagai Cucu Kemenakan Suku Melayu Kenegerian Sentajo (foto/Zar) R24/zar Wabup Halim Dinobatkan Sebagai Cucu Kemenakan Suku Melayu Kenegerian Sentajo (foto/Zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Wakil Bupati Kuantan Singingi, Provinsi Riau, H. Halim, Diangkat secara resmi oleh para Datuk Penghulu dan Ninik Mamak dalam Suku Melayu Kenegerian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya.

Pengangkatan H. Halim sebagai cucu kemenakan Suku Melayu Kenegerian Sentajo, dilakukan melalui duduk bersama di rumah orang tua tangganai Suku Melayu Syafrianto, SH di Desa Pulau Komang Sentajo. Yang dihadiri Datuk Penghulu Suku Malayu, Ninik Mamak dan seluruh kemenakan Suku Melayu yang ada di Kenegerian Sentajo, Sabtu (1/8) malam.

Baca juga: Maju Pilkada Kuansing, Andi Putra Nyatakan Mundur dari Ketua DPRD



Orang tua tangganai Suku Melayu Syafrianto, SH mengakui kalau ada pengakuan cucu kemenakan di Suku Malayu. "Ya, malam ini kita telah berkumpul dan duduk bersama Datuk Penghulu, Ninik Mamak dalam menerima cucu Kemenakan suku Melayu di Kenegerian Sentajo, yaitu Wabup Kuansing H. Halim," ungkap tangganai suku Melayu Syafrianto SH.

Menurut Syafrianto SH, Jika H. Halim sudah masuk suku di Kenegerian Sentajo, maka apabila H. Halim maju sebagai Calon Bupati, tentunya sudah menjadi kewajiban bagi niniak mamak cucu kemenakan suku melayu, untuk mendukung penuh pencalonan tersebut.

Baca juga: KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon, Hasil Urutannya Berikut Ini



Sebab secara adat, Satompok sajongkal akan diperhitungkan, dan anak cucu kemenakan harus mematuhi perintah mamak, karena kemenakan Barajo ka mamak, Mamak barajo ka Penghulu.

"Di kesempatan kali ini, saya selaku tangganai suku Melayu Kenegerian Sentajo, menyatakan Suku Melayu siap mendukung jika seandainya cucu kemenakan Suku Melayu, mencalonkan diri sebagai Bupati Kuansing. Karena beliau sekarang adalah niniak mamak, Kemenakan di Persukuan Melayu," Sebutnya.

Sementara itu, H. Halim menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepada Datuk Penghulu, Ninik mamak dan cucu kemenakan Suku Melayu yang hadir, karena telah menerima dirinya sebagai niniak mamak, kemenakan, cucuang di suku Melayu Sentajo.

"Dari datuk sampai ke saya, semuanya lahir di Teluk Kuantan, termasuk seluruh anak-anak saya, dan sekarang saya adalah keluarga di Suku Melayu Sentajo," Ujar H.Halim.

H. Halim juga berpesan dan mengajak semuanya, untuk tetap menjaga kekompakan, kedamaian. Apalagi sekarang ini adalah tahun politik. "Mari kita ciptakan Pesta Demokrasi (Pilkada) Kuansing 2020, dengan mengedepankan politik santun," tukasnya.



Informasi Anda Genggam



Loading...