Akan Jadi Payung Hukum, DPRD Riau Gagas Perda Inisiatif Pilkada Serentak Terkait Corona

Riko
Jumat, 07 Agustus 2020 | 13:59 WIB
Indra Gunawan Eet R24/riko Indra Gunawan Eet

RIAU24.COM - Riau sebentar lagi akan menggelar persta Demokrasi yaitu pilkada serentak Desember nanti, dimana situasi yang aman dan kondisif adalah kunci sukses pergantian 9 kepala daerah yang damai dan tanpa gesekan. 

 

Baca juga: Cegah Ilegal Fishing, Dewan Minta Pemprov Perkuat Anggaran Pengawasan Perairan Riau

Dengan begitu seluruh calon kepala daerah bisa tetap bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan masyarakat ditengah pandemi ini, dengan tetap memenuhi standar kesehatan covid-19. 
 
"Tetapi ini memerlukan kesatuan sikap dari berbagai pihak, mulai dari gubernur, bupati/walikota, legislatif, aparat keamanan dan masyarakat," ujar Eet. Jumat 7 Agustus 2020.
 
Terkait hal itu  DPRD Riau berencana mengajukan hak inisiatif dewan untuk mengusulkan perda tetkait pilkada serentak dan aturan mainnya, yang disesuaikan dengan situasi pandemi ini.
 
"Perda ini nantinya akan menjadi payung hukum bagi pelaksanaan pilkada di Riau yang dikaitkan dengan aturan-aturan protokol kesehatan covid. Jadi setiap calon kepala daerah bisa tetap menjalani tahapan pilkada serentak dengan standar protokol kesehatan, dan aktifitas ekonomi pun bisa tetap bergerak," ujar Eet. 

Untuk drafnya sendiri Eet menambahkan akan segera dibuat namun Ia akan melakukan rapat pimpinan terlebih dahulu. 

Baca juga: Kejati Riau Terima Tahap II Tersangka Penggelapan Pajak Hingga 3 Miliar Lebih Dari DJP Riau


Informasi Anda Genggam


Loading...