Mardani Ali Sera Ungkap Rahasia Kemenangan Anies-Sandi Pada Pilgub 2017 Silam

M. Iqbal
Senin, 10 Agustus 2020 | 17:47 WIB
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera R24/ibl Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera

RIAU24.COM - Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera membongkar rahasia pemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di pilgub DKI Jakarta 2017 silam. Hal tersebut dituangkan mantan Ketua Tim Sukses Anies-Sandi itu dalam sebuah buku memoar.

"Insya Allah, saya akan meluncurkan buku pada Senin ini. (buku) Ini menceritakan dibalik pemenangan Anies-Sandi pada Pilkada 2017 lalu. Akan banyak (cerita) bagaimana strategi dan drama pesta demokrasi yang cukup kompetitif itu," kata Mardani dilansir dari Sindonews.com, Senin, 10 Agustus 2020.

Diketahui, Pilgub DKI Jakarta tersebut mungkin salah satu palagan paling keras dalam sejarah Indonesia. Pilgub itu diikuti oleh tiga paslon, yakni Anies-Sandi, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni.

Baca juga: Meski Dilarang, Gibran Putra Jokowi Tetap Siapkan Konser Hiburan untuk Pilkada Solo, Seperti Ini Taktiknya

Pada pesta demokrasi tersebut, isu SARA mengeras saat itu. Itu tak lepas dari pernyataan kontroversial gubernur partahana, Ahok, di Kepulauan Seribu. Gelombang Demonstrasi tak henti-hentinya melanda ibu kota. Pilgub itu sendiri berjalan dalam dua putaran.

Putaran pertama, AHY-Sylviana harus tersingkir. Ahok-Djarot yang awalnya dijagokan akan memenangkan harus menerima kenyataan tumbang dari Anies-Sandi.

Mardani mengungkapkan penulisan buku ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik. "Buku Memoar Pilkada DKI 2017, saya dedikasikan untuk masyarakat setelah menuntaskan amanah sebagai ketua tim pemenangan,” kata Mardani.

Baca juga: Gara-gara Omongan Ini, Anggota DPR RI Ini Sebut Narasi Gatot Nurmantyo Membodohi Nalar

Dia menjelaskan, sebagian besar isi buku ini mengapresiasi seluruh pihak yang membantu dalam tim pemenangan. Mardani mengungkapkan pengalaman pribadi berinteraksi dan menilai para tokoh yang ikut berjuang memenangkan Anies-Sandi.

"Bagaimana saya menilai Mas Anies dan Bang Sandi secara pribadi. Juga tokoh-tokoh lainnya dengan tujuan untuk mencatat sejarah sebagai pengingat," tuturnya.



Informasi Anda Genggam



Loading...