Ini Alasan Belum Dibukanya Pelabuhan Domestik Maupun Internasional di Bengkalis

Dahari
Sabtu, 15 Agustus 2020 | 00:46 WIB
FOTO: Pelabuhan Selat Baru R24/hari FOTO: Pelabuhan Selat Baru

RIAU24.COM - BENGKALIS - Selama pandemi Covid-19, pelabuhan domestik maupun pelabuhan internasional, di Kabupaten Bengkalis hingga saat ini belum tau pasti kapan akan kembali beroperasi.

Dalam hal tersebut, Sekretaris Dinas perhubungan Kabupaten Bengkalis Zulasri ketika dikonfirmasi juga belum bisa memberikan jawabawan pasti.

Menurutnya, untuk pelabuhan Domestik melayani pelayaran menuju Kepulauan Riau sebenarnya sudah sempat ada wacana untuk kembali beroperasi pada Agustus ini.

Baca juga: Sosok Engah Eet-Samda Yang Bersahaja, Pergi dan Pulang Dari Kantor KPU Hanya Naik Bentor

"Dimana pada awal bulan Agustus kemarin pihak Dishub sempat rapat bersama pemerintah Dumai membahas hal ini. Dumai merupakan pelabuhan tujuan, sementara pelabuhan kita hanya pelabuhan transit. Kita mengikut dengan pelabuhan tujuan ketika mereka buka kita juga otomatis akan buka,"ujar Zul Asri, Jumat 14 Agustus 2020 kemarin.

Diutarakan Zul Asri, dari pertemuan itu, direncanakan Dumai akan membuka pelabuhan pada bulan ini. Namun karena kembali ditemukan kasus positif Covid baru di kota Dumai pada beberapa waktu rencana tersebut urung dilaksanakan. 

"Karena Dumai tidak jadi buka, kita sebagai pelabuhan transit juga tentu tidak buka,"ucap Zulasri lagi.

Kembali disampaikan Zulasri, begitu juga untuk pelayaran dari Bengkalis ke Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti sampai saat ini juga belum berjalan. Ini karena memang sampai saat ini alur pelayaran baik dari Bengkalis menuju Kepulauan Meranti belum ada yang resmi dibuka oleh pemerintah Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

Baca juga: Sesuai Nomor Urut Partai Golkar No 4, Nomor Urut Pasangan ESA Dapat Nomor 4

"Untuk jalur internasional, memang sampai saat ini belum ada keputusan dari pemerintah Indonesia maupun  pemerintah Malaysia, di buka kembali. Apalagi sampai saat ini Malaysia masih menerapkan lockdown sehingga tidak ada pembukaan pelabuhan baik dari Melaka, Johor dengan tujuan Bengkalis,"ungkapnya seraya mengatakan belum ada titik terang kapan akan kembali dibukanya pelayaran ini.

 



Informasi Anda Genggam



Loading...