Bupati Mursini Apresiasi Pemuda Teberau Panjang, Semarakkan HUT Kemri ke-75 Dengan Permainan Tradisional

Replizar
Jumat, 21 Agustus 2020 | 16:21 WIB
Bupati Mursini Apresiasi Pemuda Teberau Panjang, Semarakkan HUT Kemri ke-75 Dengan Permainan Tradisional (foto/int) R24/zar Bupati Mursini Apresiasi Pemuda Teberau Panjang, Semarakkan HUT Kemri ke-75 Dengan Permainan Tradisional (foto/int)

RIAU24.COM - KUANSING- Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, seperti yang dilakukan oleh Pemuda Desa Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

Dimana para pemuda Desa Teberau Panjang mengadakan berbagai pertandingan Futsal, hingga permainan tradisional dan juga Perlombaan Bidang Agama. Untuk permainan tradisional seperti Permainan Tandak, Segala, Engkrang, Tapak Gajah, masukkan paku dalam botol, Gebok, Bakiak, Gustialang, Kacuke dan Panjat Batang Pinang.

Baca juga: Pengurus Forum Komunikasi Pemuda Kenegerian Kari Periode 2022-2024 Dilantik



"Kami sangat mengapresiasi Pemuda Desa Teberau Panjang, karena masih tetap menjaga kearifan lokal dan melestarikannya," Ungkap Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, MSi mengapresiasi semangat Pemuda Desa Teberau Panjang dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-57 Republik Indonesia, Rabu (19/8/2020).

Menurut Bupati Mursini, Saat ini Permainan Tradisional sudah mulai tergerus masa, seiring semakin canggihnya teknologi. Namun, pemuda Desa Teberau Panjang, masih tetap melestarikannya hingga saat ini.

Baca juga: Kuansing Targetkan Juara III, Cabor Sepakbola Berbagi Angka 2-2 Dengan Rohul



Senada dengan itu, Ketua Komisi Permainan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kuansing, Azrori Analke Apas mendukung penuh kegiatan pemuda Desa Teberau Panjang. "Saya sangat senang sekali, karena masih ada pemuda yang memikirkan kearifan lokal. Zaman saya dahulu, permainan ini selalu dijumpai dan sekarang sudah sulit," ujar Azrori.

Dukungan juga mengalir dari KONI Kuansing, sebagai bentuk dukungan, KONI Kuansing juga menerjunkan tim futsal, untuk bertanding dengan pemuda Desa Teberau Panjang. "Kita mendukung kegiatan ini, selain untuk olahraga, tentunya kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi sesama masyarakat. Kita berharap, kegiatan seperti ini kontiniu," Sebut Ketua KONI Kuansing, Aries Susanto.


Informasi Anda Genggam


Loading...