Ini Akibat Berlebihan Konsumsi Vitamin C, No 3 Bisa Sebabkan Ginjal

Riko
Rabu, 26 Agustus 2020 | 14:13 WIB
Ilustrasi/int R24/riko Ilustrasi/int
Bea Cukai

RIAU24.COM - Di saat pandemi seperti ini, salah satu yang dianjurkan adalah mengonsumsi vitamin C. Akan tetapi kita pun perlu bijaksana dalam mengonsumsi vitamin C, karena jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Baca juga: 7 Bahan Pemutih Kulit Ini Baik Untuk Pria Loh, Yuk Cek Penjabarannya!

Berikut penjelasan beberapa efek samping bagi tubuh jika berlebihan mengonsumsi vitamin C sebagaimana melansir dari Wowmenariknya: 

1. Insomnia

Kelebihan vitamin C lainnya yang jarang disadari adalah menimbulkan insomnia. Kondisi ini menyebabkan seseorang sulit untuk.

Gangguan ini menyebabkan seseorang tidak optimal dalam melakukan aktivitas di hari berikutnya. Karena untuk mendapatkan kondisi tubuh tetap fit, kamu membutuhkan 8 jam tidur dan membatasi konsumsi vitamin C.

2. Ketidakseimbangan Nutrisi

Selain bisa meningkatkan penyerapan zat besi berlebih dalam tubuh, akibat kelebihan vitamin C yang perlu diwaspadai adalah rusaknya kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B12 dan tembaga yang ada di dalam tubuh.

3. Batu Ginjal

Pada dasarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri saat terlalu banyak vitamin C yang masuk. Saat kelebihan vitamin C dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk oksalat alias produk limbah.

Oksalat umumnya keluar bersama urine. Dalam beberapa kondisi, oksalat malah saling terikat dengan mineral dan membentuk kristal yang berujung batu ginjal.

4. Masalah Pencernaan

Efek samping paling umum dari asupan vitamin C yang tinggi adalah menyebabkan masalah pencernaan. Secara umum, efek samping ini tidak terjadi dari makan makanan yang mengandung vitamin C, melainkan dari mengambil vitamin dalam bentuk suplemen.

Saat asupan vitamin C berada di atas 2000 miligram dalam sehari, seseorang bisa mengalami diare dan mual. Dalam beberapa kasus, hal ini juga mengakibatkan penyakit asam lambung.

Baca juga: 4 Olahraga Jitu untuk Mengecilkan Lengan Atas Berlemak

5. Memengaruhi Kolestrol

Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk meningkatkan kolesterol HDL (high density lipoprotein) pada orang yang menggunakan obat kombinasi niacin-simvastatin.

Obat ini menggabungkan vitamin niacin dengan statin simvastatin (Zocor), biasanya digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...