Fitra Riau Kritik Pengunaan Helikopter BNPB Oleh Ketua DPRD Riau Untuk Musda Golkar

Riko
Rabu, 26 Agustus 2020 | 16:35 WIB
Foto (internet) R24/riko Foto (internet)

RIAU24.COM - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau ikut menyoroti polemik pengunaan Helikopter BNPB oleh Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet ke daerah Bengkalis untuk menghadiri Musda Golkar Riau beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Cegah Ilegal Fishing, Dewan Minta Pemprov Perkuat Anggaran Pengawasan Perairan Riau

Fitra menilai pengunaan Helikopter BNPB merupakan bentuk etika birokrasi yang tidak mencerminkan contoh kebaikan bagi penyelenggara pemerintahan, 

"Dimana ketua DPRD yang menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi adalah hal yang fatal dan tak patut. Apalagi menggunakan helikopter BNPB pada saat penyelenggara kepentingan musda Golkar, " kata Taufik Manager Advokasi Fitra Riau melalui siaran persnya. Rabu 26 Agustus 2020.

Seharusnya lanjutnya, Indra Gunawan sebagai pejabat harus memahami dan menepatkan posisinya, saat menjalankan fungsi pemerintahan dan untuk kepentingan partai. "Dalam hal ini jelas Indra Gunawan untuk menghadiri musda partai golkar dan jelas menyalahi aturan dengan mnggunakan fasilitas negara diluar kewenangan sebagai ketua DPRD Riau, " jelasnya. 

"Kita juga mengetahui bahwa saat ini Riau dalam keadaan musim kemarau, jika itu sebagai dalih untuk koordinasi karhutla maka seharusnya tidak hadir di musda Golkar dan hanya itu kegiatannya selama di Bengkalis dan Inhil, tindakan Indr Gunawan merupakan tindakan yang tidak beretika, dan pongah, "pungkasnya.

Perlu diketahui juga, tambah Taufik, selain Indra Gunawan perlu ditelusuri juga bagi kepala daerah atau wakil rakyat yang menjadi bacalon kepala daerah yang ikut kontestasi pemilu di 9 daerah di Riau, sering kali bacalon kepala daerah dari  incumbent maupun  birokrasi serta wakil rakyat  yang menggunakan kewenangannya untuk kepentingan politik salah satunya memanfaatkan anggaran humas, publikasi dan perjalanan dinas untuk kepentingannya.

Baca juga: Kejati Riau Terima Tahap II Tersangka Penggelapan Pajak Hingga 3 Miliar Lebih Dari DJP Riau


Informasi Anda Genggam


Loading...