Rumah Sehat yang Disediakan Pemko Pekanbaru Untuk Perawatan Pasien OTG Covid-19 Masih Kosong, Ini Sebabnya

Ryan Edi Saputra
Kamis, 27 Agustus 2020 | 11:38 WIB
Zaini Rizaldy R24/put Zaini Rizaldy

RIAU24.COM - PEKANBARU - Rusunawa Rejosari di Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya, yang dijadikan Rumah Sehat masih nihil dari Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 yang menjalani isolasi.

Rumah sehat tersebut disiapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bagi OTG Covid-19 yang tidak mampu menjalani isolasi mandiri dengan baik di tempat tinggal masing-masing.

Baca juga: Hari Kedua Puasa Ramadhan, Harga Ayam dan Cabai Merah di Pekanbaru Masih Mahal

"Sampai saat ini masih kosong, belum terisi," terang Plh. Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy, Rabu (26/8/2020) kemarin kepada wartawan.

Menurutnya, saat ini para OTG Covid-19 lebih memilih menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

Pasien positif Covid-19 yang tidak memiliki gejala yang menjalani perawatan di rumah sakit, biayanya tidak ditanggung pemerintah. Pemerintah hanya menanggung biaya pengobatan dan perawatan pasien positif Covid-19 yang memiliki gejala.

Baca juga: Jadwal Salat dan Imsak Pekanbaru 15 April 2021

"Jika ada OTG Covid-19 yang tidak memiliki cukup ruang dirumahnya untuk isolasi bisa diisolasi di rumah sehat itu. Karena tidak semua orang memiliki ruang isolasi cukup dirumah. kalau dirumah kan ruang nya terbatas, dapat menularkan virus ke keluarga terdekat," paparnya.

OTG Covid-19 yang tidak memiliki cukup ruang di rumah untuk melakukan isolasi mandiri, disarankan agar melakukan isolasi di rumah sehat, untuk menghindari penyebaran terhadap keluarga dekat.

Kebutuhan OTG Covid-19 yang menjalani isolasi disana akan ditanggung Pemko Pekanbaru. Baik untuk makan, kebutuhan obat-obatan, maupun pemeriksaan swab.


Informasi Anda Genggam


Loading...