Jaring OTG Covid-19, Walikota Pekanbaru: Pengadaan Labor Biomolekuler Sedang Diproses

Ryan Edi Saputra
Jumat, 28 Agustus 2020 | 15:23 WIB
Walikota Pekanbaru, Firdaus R24/put Walikota Pekanbaru, Firdaus

RIAU24.COM - PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merencanakan pengadaan laboratorium biomolekuler hal ini nertujuan untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT, menyebut pengadaan laboratorium biomolekuler mobile, untuk pemeriksaan PCR swab test dalam proses. 

Ia menuturkan, saat ini Pemko Pekanbaru membutuhkan penanganan pengendalian Covid-19 dengan cepat, mengingat eskalasi kasus konfirmasi positif meningkat. 

Baca juga: Hari Kedua Puasa Ramadhan, Harga Ayam dan Cabai Merah di Pekanbaru Masih Mahal

"Maka, saya mengatakan kepada teman-teman di Pemko kita harus beli. Ini sedang berproses untuk pembelian mobil laboratorium atau laboratorium berjalan ini," terang Firdaus, Jumat (28/8/2020). 

Saat ini Pemko Pekanbaru juga tengah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terkait pengadaan laboratorium tersebut. 

Ia berharap Pemprov Riau juga dapat membantu melakukan pengadaan laboratorium mobile tersebut, karena Pemko Pekanbaru hanya memiliki kemampuan untuk melakukan pengadaan satu unit laboratorium mobile.

Baca juga: Jadwal Salat dan Imsak Pekanbaru 15 April 2021

Menurutnya, saat ini sampel swab dari seluruh kabupaten dan Kota di Provinsi Riau, hanya dikirim ke laboratorium biomolekuler milik Pemprov Riau di RSUD Arifin Achmad untuk pemeriksaan yang menyatakan seseorang positif atau negatif Covid-19. 

"Adanya keterbatasan lab di provinsi untuk melayani kabupaten/kota di Riau. Kita sudah diskusikan dengan pak gubernur untuk pengadaan mobil laboratorium ini," terangnya.

Walikota menyebut, alat yang akan dibeli tersebut memiliki tiga kemampuan. Selain untuk pemeriksaan PCR swab test untuk penanganan Covid-19, juga dapat untuk pemeriksaan TBC dan HIV/Aids. 


Informasi Anda Genggam


Loading...