Pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby, Pendaftar Pertama di KPU Kuansing

Replizar
Sabtu, 05 September 2020 | 17:00 WIB
Pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby, Pendaftar Pertama di KPU Kuansing (foto/zar) R24/zar Pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby, Pendaftar Pertama di KPU Kuansing (foto/zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kuantan Singingi, Andi Putra SH MH dan Drs H Suhardiman Amby Ak MM, merupakan pasangan pertama  sebagai peserta Pilkada Kuansing 2020, yang mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuantan Singingi, Jumat (4/9).

Diiringi arak-arakan kendaraan bersama massa yang terdiri dari Pemangku Adat Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para Pemuda dan kaum emak-emak, Ketua Tim ASA Kuansing H Sukarmis dan Sekretaris H Erlianto.

Baca juga: Tim Penilai Posko PPKM Skala Mikro Kunjungi Dusun Tobek panjang, Wabup Minta Masyarakat Patuhi Prokes



Sekitar pukul 10.00 WIB, pasangan ASA tiba di Kantor KPU Kuansing, tiga pimpinan partai politik (Parpol) sebagai pengusung turut mengantarkan pasangan ASA, masing-masing dari Golkar, Hanura dan PKS dengan perolehan 9 kursi dari 7 kursi yang dipersyaratkan.

Semarak pendaftaran pasangan ASA ini terasa, apalagi massa dihibur dengan penampilan Kuda Lumping dan musik Randai Kuansing. Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi beserta komisioner lainnya menerima kedatangan Andi Putra-Suhardiman dan rombongan di KPU Kuansing. Mereka pun disambut tarian payung dan silat.

Baca juga: Dua Pasien Meninggal Dunia, Bertambah 21 Kasus dan 12 Pasien Sembuh



Dengan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19, KPU melakukan pemeriksaan terhadap berkas calon. Pasangan ASA disambut bak menyambut mempelai pernikahan, yang duduk bersanding di kursi bernuansa adat. Sementara, pasangan ASA beserta istri menggunakan pakaian khas Melayu.

Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi menyampaikan, bahwa Pilkada Kuansing kali ini mengusung tagline Kuansing Bararak, Kental dengan nuansa adat. Hal ini menurutnya menyampaikan pesan, bahwa Kuansing ini adalah negeri beradat.

"Kita menyambut dengan prosesi adat, karena kita negeri beradat. Maka, kita memakai nuansa adat, karena itu mari kita sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan kita di Kuansing, sebagai negeri beradat," ungkap Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi dalam sambutannya.

Selanjutnya, Komisioner KPU Kuansing Ahdanan Saleh juga menyampaikan, bahwa berkas pencalonan dari setiap pasangan akan diperiksa secara terbuka. Menurutnya, Pasangan ASA yang diusung 9 kursi telah memenuhi syarat dukungan untuk diverifikasi pencalonannya. Dan begitu pula dengan hasil swab kesehatan, paslon yang diterima KPU Kuansing keduanya sehat. Negatif Covid-19.

"Alhamdulillah hasil swab sudah kita terima, " Sehat " dan hasilnya negatif. Selanjutnya berkas pencalonan ini kita lihat dan periksa, karena memang harus terbuka pemeriksaannya. kalau belum lengkap, akan ada perbaikan hingga tanggal 6. Dan setelah diperiksa, pasangan ASA diusung 9 kursi. Golkar, Hanura dan PKS. Ini memenuhi syarat untuk diverifikasi pencalonannya," tuturnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...