Sidang Karhutla PT Adei, Saksi Sebut Kebakarannya Disengaja

Ardi
Jumat, 11 September 2020 | 21:08 WIB
Sidang Karhutla PT Adei, Saksi Sebut Kebakarannya Disengaja (foto/ardi) R24/ardi Sidang Karhutla PT Adei, Saksi Sebut Kebakarannya Disengaja (foto/ardi)

RIAU24.COM -  PELALAWAN- Saksi ahli yang dihadirkan dalam sidang Karhutla di Pengadilan Negeri Pelalawan, Kamis, 10 September 2020 kemarin, tegas menyebutkan kebakaran di PT Adei Plantation pada September 2019 lalu disengaja.

Baca juga: Meledak, 45 Warga Pelalawan Terkonfirmasi Covid-19 Hari Ini



Saksi ahli yang dihadirkan tersebut adalah Prof DR Bambang Heru Saharjo. Guru besar IPB, seorang ahli forensik api yang sudah ratusan kali menjadi saksi untuk Karhutla di seluruh Indonesia.

"Areal ini memang dibakar. Dan berusaha menghilangkan bukti, dengan menimbunnya,"kata Prof Bambang usai sidang kepada sejumlah awak media.

Baca juga: Hasil Verifikasi DPMPTSP, 75 Perusahaan Belum Kantongi NPWP Cabang dan Berkantor di Pelalawan



Sangat disayangkan tambah Prof Bambang, karena kejadian kebakaran di PT Adie ini, tidak hanya terjadi sekali ini saja. "Kebakaran pertama tahun 2000, kemudian di tahun 2006, kejadian lagi di 2013 dan lagi-lagi terjadi 2019 ini,"jelas Bambang.

Hukuman tegas sangat layak untuk diberikan kepada perusahan ini. "Karena berulang. Apalagi ini kan modal asing. Harusnya menjadi contoh," pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...