Walikota Pekanbaru Tegaskan Pasien OTG Covid-19 Dilarang Isolasi Mandiri

Ryan Edi Saputra
Selasa, 15 September 2020 | 11:04 WIB
Walikota Pekanbaru, Firdaus R24/put Walikota Pekanbaru, Firdaus

RIAU24.COM - PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mewajibkan pasien positif Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) diisolasi di rumah sehat yang telah disediakan, yakni Rusunawa Rejosari, Jalan Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. 

Hal ini ditegaskan Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (14/9/2020) kemarin. "Dalam wilayah PSBM, OTG wajib diisolasi di Rusunawa Rejosari yang sudah kita siapkan. Karena, mereka ini punya potensi menularkan kepada keluarganya, dan kontak eratnya," ujarnya.

Baca juga: Hari Kedua Puasa Ramadhan, Harga Ayam dan Cabai Merah di Pekanbaru Masih Mahal

Menurutnya, hal ini dilakukan karena banyak pasien yang diminta isolasi mandiri, ternyata tidak disiplin. Selain itu, ada juga yang rumahnya ternyata tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri.

"Kita tidak benarkan lagi mereka melakukan isolasi mandiri, karena setelah kita tanya ada yang tidak memungkinkan. Contohnya, ada yang diisolasi mandiri, rumahnya tipe 36, informasinya dia kontak seperti biasa dengan keluarganya. Makanya kita sediakan Rejosari," jelasnya.

Baca juga: Jadwal Salat dan Imsak Pekanbaru 15 April 2021

Firdaus memaparkan, jika Rejosari penuh, Pemko Pekanbaru juga akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, yang sudah menyiapkan Ronggowarsito, Jalan Ronggowarsito, Kota Pekanbaru.

"Sedangkan, untuk pasien yang membutuhkan perawatan atau dalam kategori berbahaya, wajib di rawat di rumah sakit," pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...