Wishnutama Siapkan Hotel Sebagai Tempat Isolasi Bagi Ribuan Pasien COVID-19

Devi
Jumat, 18 September 2020 | 15:01 WIB
Wishnutama Siapkan Hotel Sebagai Tempat Isolasi Bagi Ribuan Pasien COVID-19 R24/dev Wishnutama Siapkan Hotel Sebagai Tempat Isolasi Bagi Ribuan Pasien COVID-19

RIAU24.COM -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan hotel bintang tiga sebagai tempat isolasi bagi 14.000 pasien Covid-19 tanpa gejala.

“Kami sedang menyiapkan fasilitas yang bisa menampung sekitar 14.000 pasien mulai bulan ini hingga Desember,” kata Menkeu dalam jumpa pers melalui akun Youtube BNPB, Kamis 17 September 2020.

Ia menjelaskan, pasien tanpa gejala atau yang mengalami gejala ringan wajib menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Mereka akan diberikan makanan, minuman, dan layanan binatu di fasilitas pemerintah.

Perkembangan kesehatan mereka juga akan dipantau oleh petugas kesehatan yang ditugaskan oleh Kementerian Kesehatan di masing-masing hotel. “[Kami juga] menyiapkan fasilitas pendukung seperti obat-obatan dan ambulans,” imbuhnya.

Baca juga: Didampingi Gita Wirjawan, JMSI Resmi Daftarkan Diri Sebagai Konstituen Dewan Pers



Dalam program ini, kata Wishnutama, kementerian mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar. Hotel yang ditetapkan sebagai situs isolasi diri akan ditutup untuk tamu umum. Penambahan akomodasi ini diprioritaskan di lima wilayah, yakni Jakarta, Bali, Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebelumnya mengumumkan pemerintah bekerja sama dengan sejumlah hotel untuk dialihkan ke fasilitas karantina Covid-19 dalam upaya mencegah penularan virus lebih lanjut di antara anggota keluarga.



Informasi Anda Genggam



Loading...