Gatot Nurmantyo Ungkap Alasan Pencopotannya Dari Panglima TNI, Netizen Ajak Nonton Bareng G30S

Riki Ariyanto
Rabu, 23 September 2020 | 11:08 WIB
Gatot Nurmantyo Ungkap Alasan Pencopotannya Dari Panglima TNI, Netizen Ajak Nonton Bareng G30S/PKI (foto/int) R24/riki Gatot Nurmantyo Ungkap Alasan Pencopotannya Dari Panglima TNI, Netizen Ajak Nonton Bareng G30S/PKI (foto/int)

RIAU24.COM - Pengakuan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dicopot gara-gara mengintruksikan nonton bareng film Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada 2017 jadi topik hangat. Banyaj yang tak menyangka mantan panglima TNI itu dicopot sebab memutar film kontroversial yang sutradaranya Arifin C Noer.

Baca juga: Semakin Buktikan Kedekatan dengan Luna Maya, Hajimu Mantap Pindah ke Indonesia



Memang ada anggapan film G30S digarap sesuai arahan Soeharto. Lalu PKI 'diciptakan' sebagai dalang peristiwa berdarah yang kabarnya menewaskan 500 ribu hingga 3 juta jiwa pada waktu itu.

Namun terlepas dari spekulasi itu, Presidium Komite Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Gatot Nurmantyo yakin salah satu penyebab dirinya dicopot dari jabatan Panglima TNI adalan karena mengintruksikan seluruh jajaran TNI memutar dan nonton bareng Film G30S/PKI. Bahkan G30S/PKI jadi masuk trending topik di twitter.

Langsung netizen berbeda pendapat. Tetapi ada pula yang menyuarakan agar menonton lagi film G30S. Berikut beberapa komentar warganet.

Baca juga: Wanita ini Ciptakan Pistol Dari Bahan Air Mata Untuk Menembak Orang yang Membuat Ia Menangis



@dr_koko28: "Pada dirumah aja kan? Berarti pekan depan bisa nonton bareng film G30S/PKI?"

@MndJaya: "Pagii generasi muda wajib mengetahui peristiwa G30S PKI namun jangan hanya dari film karena film ada sutradara dan ada maksud tertentu, kenali secara mendalam agar tidak salah interprestasi."

@sal: "Seminggu lagi kita nonton film G30S/PKI bareng-bareng ya. kita boleh mengikuti perkembangan zaman, tapi tidak melupakan sejarah."

@Ryhanz_: "September bulan sejarah, so jangan pernah lupakan sejarah. Ingat G30S PKI."

@zikripasa: "Sebelum nonton film G30S PKI mending nonton film yang saya sarankan berikut ini - jagal the act of killing - senyap The look of silence -The Shadow play rolls Indonesia."

@dipanggilHakim: "Kalo hoax kenapa anak, istri, korban bahkan jendral AH Nasution bersaksi bahwa difilm G30S/PKI hampri sama persis? Padahal mereka adalah korban, kalo itu hoax knapa sampe sekarang mereka yg korban tersebut tidak pernah buka suara?"


Informasi Anda Genggam


Loading...