Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya, China Kini Punya Orang Kaya Baru

Devi
Kamis, 24 September 2020 | 15:34 WIB
Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya, China Kini Punya Orang Kaya Baru R24/dev Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya, China Kini Punya Orang Kaya Baru

RIAU24.COM - Seorang taipan air kemasan dan vaksin telah menjadi orang terkaya di China dalam hari yang juga ditandai dengan kerugian besar-besaran di antara para elit teknologi dunia.

Kekayaan bersih Zhong Shanshan mencapai USD 58,7 miliar pada hari Rabu, USD 2 miliar lebih banyak dari Jack Ma, menurut Bloomberg Billionaires Index. Zhong sekarang adalah orang terkaya kedua di Asia, di belakang Mukesh Ambani dari India, dan merupakan orang terkaya ke-17 di dunia, di depan Charles Koch dan Phil Knight.

Dijuluki "Lone Wolf" karena dia menghindari politik dan kelompok bisnis klub, kekayaan Zhong telah melonjak USD 51,9 miliar pada tahun 2020, lebih dari siapa pun di dunia kecuali Jeff Bezos dari Amazon.com Inc. dan Elon Musk dari Tesla Inc. Keduanya mengalami penurunan tajam pada hari Rabu karena saham teknologi tersandung dan Tesla jatuh setelah acara "Battery Day" tidak sesuai harapan. Kekayaan Musk turun hampir USD 10 miliar.

Baca juga: Pekerjaannya Terkuak, Bintang Porno Ini Ngeri dengan Reaksi Pamannya

Penawaran umum perdana perusahaan air kemasan Nongfu Spring Co. - yang ternyata paling populer di Hong Kong di antara investor ritel - mendorong Zhong ke tiga besar terkaya di China awal bulan ini. Itu terjadi setelah daftar pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co. pada bulan April mendorong kekayaan bersihnya menjadi USD  20 miliar pada awal Agustus.

Zhong sekarang memimpin peringkat kekayaan di China yang biasanya didominasi oleh orang-orang yang memperoleh kekayaan dari perusahaan teknologi.

Sementara Zhong telah melampaui Ma sebagai orang terkaya di China, taipan teknologi itu mungkin akan segera mendapatkan kembali posisi teratas, yang dia pegang hampir selama enam tahun terakhir setelah Alibaba go public dalam IPO Grup Semut AS bulan depan siap untuk meningkatkan kekayaannya, dengan miliknya saham diperkirakan $ 28 miliar jika perusahaan mencapai penilaian $ 250 miliar orang-orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan itu menargetkan.

Baca juga: Dalam Pergantian Peristiwa Ajaib, Pria Bertahan Setelah Jatuh dari Atap 30 Kaki dan Mematahkan Setiap Tulang di Tubuhnya

Rabu adalah hari yang brutal untuk saham teknologi AS, yang jatuh terbesar sejak awal bulan ini.

Penurunan kekayaan Musk adalah yang terbesar di antara orang-orang di peringkat Bloomberg dari 500 orang terkaya di dunia, diikuti oleh Bezos, yang kekayaan bersihnya turun USD 7,1 miliar. Musk sekarang memiliki kekayaan USD 93,2 miliar dan Bezos USD 178 miliar. Zhong menambahkan hampir USD 4 miliar Rabu, lebih dari siapa pun di indeks.


Internasional
Informasi Anda Genggam


Loading...