Sejak Januari Sudah 37 Pegawai Angkat Kaki Dari KPK

Riko
Sabtu, 26 September 2020 | 09:25 WIB
Febri Diansyah (net) R24/riko Febri Diansyah (net)

RIAU24.COM - Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan sejak Januari sampai sekarang  setidaknya sudah ada 37 Pegawai yang telah mengundurkan diri. Terakhir mantan juru bicara KPK Febri Diansyah juga memilih untuk meninggalkan KPK. 

Baca juga: Dari Balik Penjara Habib Rizieq Selesaikan S3 di Universiti Sains Islam Malaysia

"Terhitung sejak Januari sampai awal September, yang saya catat 29 pegawai tetap dan 8 orang pegawai tidak tetap," kata Nawawi Pomolango mengutip dari Republika. Jumat 25 September 2020.

Dia mengatakan, ada berbagai alasan puluhan pegawai KPK itu memilih untuk angkat kaki dari lembaga yang berdiri sejak 29 Desember 2003 lalu itu. Pada umumnya, lanjut dia, alasan pengunduran diri untuk mencari tantangan kerja lain ataupun alasan keluarga.

Sebelumnya, Febria Diansyah memilih untuk angkat kaki dari KPK akibat situasi yang telah berubah di lingkungan kerja menyusul revisi UU KPK nomor 19 tahun 2019.

Akibat revisi itu, dia merasa bahwa akan lebih signifikan jika dirinya berkontribusi dan memperjuangkan pemberantasan korupsi dari luar KPK. Dia mengaku dapat berkontribusi dalam pemberantasan korupsi jika berada di luar KPK.

"Karena itu, saya menentukan pilihan ini meskipun tidak mudah meskipun sangat berat, saya ajukan pengunduran diri," katanya.

Febri sebelumnya menjabat sebagai Juru Bicara KPK sejak 6 Desember 2016 hingga 26 Desember 2019, tidak lama setelah Firli Bahuri dilantik sebagai Ketua KPK. Febri menyatakan tugasnya sebagai Juru Bicara KPK telah selesai dan memilih untuk fokus menjadi Kepala Biro Humas KPK.

Baca juga: Desiree Tarigan dan Hotma Sitompul Bersedia Mediasi, Siap-siap Damai?

KPK pun mengaku menerima pengunduran diri Kepala Biro Hubungan Masyarakat Febri Diansyah. Lembaga tersebut menghargai dan menghormati apa yang sudah menjadi keputusan yang bersangkutan, termasuk tentang penilaiannya terhadap KPK saat ini.

Biro SDM KPK sedang memproses surat pemberhentian atas permintaan dari Febri. KPK mengatakan bahwa mereka segera menentukan pengganti Febri sebagai Kepala Biro Humas KPK sementara.


Informasi Anda Genggam


Loading...