Muncul Petisi Copot Terawan Sebagai Menteri Kesehatan: Sejak Awal Terawan Terkesan Gampangkan Wabah Covid-19

M. Iqbal
Kamis, 01 Oktober 2020 | 13:12 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan, Agus Putranto R24/ibl Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan, Agus Putranto

RIAU24.COM - Nama Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto kembali jadi perhatian netizen. Terlebih lagi penanganan pemerintah untuk kasus covid-19 di Indonesia justru semakin memburuk.

Terkait hal tersebut, muncul sebuah petisi di change.org yang menyebutkan "Copot Terawan Sebagai Menteri Kesehatan!". Petisi tersebut juga sudah banyak beredar di media sosial.

Petisi tersebut menyebutkan, sudah bulan keenam pandemi Covid-19 di Indonesia. Bukannya membaik, situasinya justru makin parah. Salah satunya karena penanganan Covid-19 yang buruk.

"Kami menilai Bapak Terawan Agus Putranto telah gagal sebagai Menteri Kesehatan dalam menangani pandemi ini," tulis petisi tersebut.

Baca juga: Studi Menunjukkan Mulai Berolahraga Di Usia Tua Ternyata Berefek Seperti Ini Bagi Sel Dalam Tubuh

Petisi yang diketahui dibuat oleh Koalisi untuk Indonesia Bebas COVID19 itu menyebutkan, sejak awal Menkes Terawan terkesan menggampangkan wabah ini. Bahkan, untuk penanganan kasus itu tidak serius. Saat ini pun ia tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah seperti perlindungan tenaga kesehatan dan menekan angka penyebaran Covid-19.

Kasus baru dan aktif terus bertambah setiap harinya, menjadikan Indonesia duduk di peringkat ke-13 dunia. Bahkan, untuk peningkatan kasus baru dan korban meninggal harian, Indonesia ada di urutan kedua di dunia. Angka kematian tenaga kesehatan pun mencapai lebih dari 200 nakes, menjadi salah satu negara dengan kematian nakes yang paling tinggi.

Di dalam penjelasan petisi tersebut juga mengatakan, publik sudah banyak yang meminta pertanggungjawaban kepada Menkes Terawan. Tapi Menkes Terawan sering menghilang dan membiarkan publik melawan virus Corona sendiri. Sehingga, publik makin tak percaya kecakapan Menkes dalam mengatasi wabah

"Apakah kita harus menggantungkan nyawa dan nasib ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Menkes seperti itu?" ungkap mereka.

Baca juga: Putri Nurul Arifin Meninggal Mendadak, Frustasi Akibat Tak Bisa Bebas Selama Pandemi

Koalisi tersebut pun meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mencopot Terawan dari jabatan sebagai Menteri Kesehatan dan memilih ahli yang lebih kompeten sebagai Menkes.

"Oleh karena itu kami juga meminta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mencopot Terawan sebagai Menteri Kesehatan dan menggantinya dengan figur lain yang lebih kompeten," demikian akhir petisi tersebut.

Hingga saat ini, petisi untuk copot Menkes Terawan sudah ditandatangani sebanyak 400 lebih.


Informasi Anda Genggam


Loading...