Penyelam Polandia Berharap Bangkai Kapal Nazi Menyimpan Kunci Harta Karun Kamar Amber

Devi
Sabtu, 03 Oktober 2020 | 12:10 WIB
Penyelam Polandia Berharap Bangkai Kapal Nazi Menyimpan Kunci Harta Karun Kamar Amber R24/dev Penyelam Polandia Berharap Bangkai Kapal Nazi Menyimpan Kunci Harta Karun Kamar Amber

RIAU24.COM -  Penyelam Polandia mengatakan mereka telah menemukan bangkai kapal Perang Dunia Kedua Jerman yang dapat membantu memecahkan misteri berusia puluhan tahun - keberadaan Ruang Amber, sebuah kamar berornamen dari istana tsar di Rusia yang dijarah oleh Nazi.

Dihiasi dengan amber dan emas, Ruang Amber adalah bagian dari Istana Catherine dekat St Petersburg, tetapi terakhir terlihat di Koenigsberg, yang saat itu merupakan kota pelabuhan Baltik di Jerman tetapi sekarang menjadi kantong Rusia Kaliningrad.

Baca juga: Pilu, Ibu Ini Ceritakan Bagaimana Balitanya Mati Lemas setelah Terhimpit Furnitur

Dari Koenigsberg kapal uap Karlsruhe berlayar pada tahun 1945 dengan kargo berat, sebelum ditenggelamkan oleh pesawat tempur Soviet di lepas pantai Polandia.

Penyelam dari kelompok Baltictech mengatakan mereka telah menemukan bangkai kapal Karlsruhe.

"Kami telah mencari puing-puing itu sejak tahun lalu ketika kami menyadari mungkin ada kisah yang paling menarik dan belum ditemukan tergeletak di dasar Laut Baltik," kata penyelam Tomasz Stachura dalam sebuah pernyataan.

"Ini praktis utuh. Dalam palka, kami menemukan kendaraan militer, porselen, dan banyak peti dengan isinya masih belum diketahui."

Karlsruhe telah mengambil bagian dalam Operasi Hannibal, salah satu evakuasi laut terbesar dalam sejarah yang membantu lebih dari satu juta tentara Jerman dan warga sipil dari Prusia Timur melarikan diri dari serangan Soviet menjelang akhir Perang Dunia Kedua.

Baca juga: Ibu Ini Ceritakan Bagaimana Bayinya Tak Sengaja Telan Baterai Kancing, Peringatkan Para Orang Tua

Dokumentasi dari waktu menunjukkan bahwa kapal meninggalkan Koenigsberg dengan tergesa-gesa, dengan kargo besar dan 1.083 orang di dalamnya.

"Semua ini, jika disatukan, merangsang imajinasi manusia. Menemukan kapal uap Jerman dan peti dengan isinya yang belum diketahui yang berada di dasar Laut Baltik mungkin penting untuk keseluruhan cerita," kata penyelam Tomasz Zwara.

Kamar Amber dibangun di Prusia dan kemudian diberikan kepada Tsar Peter Agung dari Rusia pada tahun 1716 sebagai hadiah.

Jerman membongkar dan membawanya ke Koenigsberg selama perang di mana ia kemudian menghilang selama serangan bom Sekutu di kota itu. Banyak yang percaya itu dihancurkan. Pengrajin Rusia telah membangun replika Kamar Amber di Istana Catherine.


Internasional
Informasi Anda Genggam


Loading...