Jangan Suka Gibah, Menikah Baru 2 Minggu Tapi Udah Hamil 1 Bulan, Kok Bisa? Ini Penjelasan Dokter Yassin

Riki Ariyanto
Senin, 05 Oktober 2020 | 15:19 WIB
Jangan Suka Gibah, Menikah Baru 2 Minggu Tapi Udah Hamil 1 Bulan, Kok Bisa? Ini Penjelasan Dokter Yassin (foto/int) R24/riki Jangan Suka Gibah, Menikah Baru 2 Minggu Tapi Udah Hamil 1 Bulan, Kok Bisa? Ini Penjelasan Dokter Yassin (foto/int)

RIAU24.COM -  Terkadang ada saja orang-orang menikah menjadi sasaran ghibah tetangga atau orang terdekat. Sebab belum lama menikah, tetapi usia kandungan sudah 1 bulan.

Ternyata hal itu ada cara hitungnya secara ilmu kedokteran. Dokter Yassin memberikan penjelasan itu lewat akun instagramnya @yassinbintang.

Baca juga: Resep Takjil: Bubur Kacang Hijau



"Usia kehamilan dihitung berdasarkan Hari Pertama dari Haid Terakhir atau HPHT. Sehingga, apabila seseorang menikah ketika sedang dalam masa subur, lalu berhubungan seksual, lalu terjadi pembuahan, maka pada 2 minggu kemudian tidak terjadi haid, dan positif pada tes kehamilannya. Meskipun baru menikah 2 minggu, namun karena metode perhitungan usia kehamilan adalah berdasarkan haid, maka usia kehamilannya adalah 4 minggu. Dengan demikian, proses pembuatan adonan tersebut terjadi setelah menikah," sebut @yassinbintang.

"Contoh : seorang ibu hari pertama haid terakhirnya 1 Oktober, lalu menikah 14 Oktober pagi hari. Berbuatnya 14 Oktober siang dan malam. Lalu, pada tanggal 1 November, tidak haid dan tes kehamilannya positif. Maka, meskipun nikahnya baru 2 minggu, tapi usia hamilnya 4 minggu atau1 bulan. Karena usia kehamilan ga diitung dari tanggal berbuat atau tanggal akad, tapi dari tanggal haid hari pertama. Okey, paham ya. *Pastikan info ini sampai ke Bu Tejo, para tetangga dan undangan," tutup dr Yassin.

Baca juga: Menu Buka Puasa Gulai Tambusu Khas Minang, Bikin Tambah Selera Makan



Langsung saja postingan itu ramai dikomentari netizen. @cithadn: "Kasusku Begini nih kalo baru nikah dan langsung isi, jadinya si suudzonin orang."

@naymegawaty: "Paham dok, yang enggal paham tetangga."

@ikautamii: "Akhirnya dr. Yassin buka suara."

@desielsant19: "Harusnya si 'ituh'baca nih biar paham dan gak ninggalin istrinya seenak jidat."


Informasi Anda Genggam


Loading...