6 Tanda Jika Rumah Anda Memiliki Masalah Listrik yang Perlu Anda Perbaiki Sesegera Mungkin

Devi
Minggu, 18 Oktober 2020 | 01:29 WIB
6 Tanda Jika Rumah Anda Memiliki Masalah Listrik yang Perlu Anda Perbaiki Sesegera Mungkin R24/dev 6 Tanda Jika Rumah Anda Memiliki Masalah Listrik yang Perlu Anda Perbaiki Sesegera Mungkin

RIAU24.COM -  Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan rumah tidak mengikuti langkah-langkah keamanan yang disarankan untuk mencegah sengatan listrik dan bahaya kebakaran. Permasalahan yang ditemukan biasanya terkait dengan instalasi listrik yang buruk dan pengawasan yang kurang. Untungnya, beberapa tanda yang terlihat dapat membantu kita mencari tahu masalahnya sebelum semuanya menjadi tidak terkendali.

Seperti dilansir Riau24.com dari Bright Side, berikut beberapa faktor berbahaya yang harus Anda cari di rumah. Jika Anda menemukan salah satunya, pastikan untuk segera memperbaikinya.

1. Outlet listrik terasa hangat saat disentuh.
Biasanya beberapa perangkat menjadi panas saat digunakan, tetapi itu bukan pertanda baik jika stopkontaknya sendiri juga memanas. Jika steker atau stopkontak kendor, lebih banyak daya harus melewati steker ke alat, dan daya yang ditinggikan berubah menjadi panas buangan, membuat stopkontak menjadi panas. Jika hal itu terjadi pada Anda, segera lepaskan kabel dari stopkontak dan jangan pasang kembali hingga stopkontak diperbaiki.

Baca juga: Bukan Cuma Naruto yang Rela Mati, Shinobi Genin Abadi Ini Lebih Dulu Melakukannya, Bahkan Kisahnya Tragis

2. Lampu Anda berkedip tanpa alasan yang jelas.
Tidak, Anda tidak tinggal di rumah berhantu. Lampu yang berkedip-kedip bisa jadi pertanda sambungan listrik kendor. Untuk menemukan masalahnya, periksa berapa banyak lampu yang mengalami masalah yang sama. Jika Anda hanya menemukan satu cahaya yang buruk, masalahnya ada pada kabel Anda. Tetapi jika lebih banyak lampu berkedip muncul, masalahnya mungkin lebih jauh di sirkuit, dan Anda harus mencentang kotak pemutus atau layanan drop di luar rumah Anda.

3. Outlet listrik tidak terpasang ke dinding.
Selain terlihat sampah, saluran keluar yang longgar bisa sangat berbahaya. Jika tidak cukup kencang, kabelnya dapat lepas, menyebabkan percikan api, korsleting, dan bahkan dapat menimbulkan risiko kebakaran.

4. Ada tikus di sekitar rumah.
Meski ukurannya kecil, tikus bisa mengintimidasi banyak orang. Dan jika Anda peduli dengan kabel listrik Anda, Anda punya banyak alasan untuk takut. Hewan pengerat kecil ini dapat menggerogoti sirkuit Anda dan meninggalkan bahaya sengatan listrik atau percikan api.

Baca juga: Meski Kuat, Inilah Hal yang Membuat Dajjal Ketakutan

5. Kabelnya terbuat dari aluminium.
Aluminium digunakan di banyak kabel listrik di masa lalu, kemungkinan karena kekurangan tembaga di pertengahan tahun 60-an. Tetapi survei nasional yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa jenis instalasi ini menimbulkan bahaya kebakaran pada banyak rumah. Oksidasi aluminium dapat menjadi terlalu panas saat kabel dihubungkan ke sambungan, saluran keluar, dan perlengkapan lampu. Karena itu, arus berlebih dapat menyebabkan kebakaran.

6. Bau terbakar di sekitar rumah
Entah Anda mengkhawatirkan sirkuit listrik atau kue Anda di dalam oven, bau terbakar biasanya merupakan pertanda buruk. Kabel tidak boleh memanas hingga dapat melelehkan penutup plastiknya, tetapi jika ini terjadi, Anda harus segera mengidentifikasi sumbernya untuk mencegah bahaya kebakaran.

Apakah Anda pernah menemukan salah satu masalah ini di rumah Anda? Apakah Anda mengetahui tanda-tanda lain yang mungkin menandakan masalah listrik?


Tahukah Anda

Informasi Anda Genggam



Loading...