Kisah Asli Mulan, Ternyata Lebih Mengerikan Daripada Yang Kita Saksikan di Layar Film

Devi
Minggu, 18 Oktober 2020 | 04:45 WIB
Kisah Asli Mulan, Ternyata Lebih Mengerikan Daripada Yang Kita Saksikan di Layar Film R24/dev Kisah Asli Mulan, Ternyata Lebih Mengerikan Daripada Yang Kita Saksikan di Layar Film

RIAU24.COM -  Legenda prajurit wanita, Hua Mulan, sangat populer dan memotivasi orang-orang, yang diceritakan di Tiongkok selama berabad-abad. Catatan tertulis pertama dikenal sebagai Balada Mulan, yang ditulis selama dinasti Wei Utara. Seiring dengan perubahan waktu, plot utamanya tetap sama, sementara beberapa detail sedikit disesuaikan untuk menggambarkan tren utama saat plot tersebut diceritakan. Dan beberapa di antaranya mengungkapkan detail yang sangat aneh dan terkadang brutal yang pasti tidak dapat ditampilkan di TV saat ini.

Seperti dilansir dari Bright Sid, berikut balada asli serta adaptasi dari drama kuno yang ditulis oleh Xu Wei tentang kisah Mulan.

Menjadi pengantin yang ideal tidaklah penting baginya.
Adaptasi Disney: Baik dalam film animasi maupun adaptasi baru-baru ini, kami bertemu dengan mak comblang yang melatih wanita muda untuk menjadi pengantin yang tepat, memastikan masa depan mereka yang sejahtera. Dibandingkan dengan wanita lain, Mulan digambarkan sebagai gadis yang agak kikuk yang gagal menjalani pelatihan ini dan bahkan tidak dapat menuangkan secangkir teh dengan baik. Akhirnya, dia menjadi aib bagi keluarganya karena hal tersebut.

Legenda: Perjodohan memang ada di Tiongkok kuno, dan itu adalah ritual penting. Namun, baik balada maupun drama kuno tidak menyebutkan tindakan seperti itu. Menariknya, drama itu menceritakan bahwa Mulan harus melalui sesuatu yang lebih intens: sejak usia muda, dia berusaha menguasai seni bela diri bersama ayahnya. Kita juga bisa melihat penggalan serupa di awal film.

Ayahnya takut berperang lagi.
Adaptasi Disney: Di sini, ayah Mulan digambarkan sebagai orang tua yang berjuang dalam banyak pertempuran dan sudah terlalu terluka untuk terus mengabdi pada negaranya. Meskipun secara fisik sulit baginya, dia memiliki harga diri dan menerima tugasnya.

Legenda: Dalam drama kuno, juga diperlihatkan bahwa ayahnya sangat tertekan setelah menerima pemberitahuan wajib militer sehingga dia tidak ingin hidup lagi. Dalam balada, disebutkan juga bahwa Mulan tidak punya pilihan lain selain pergi sendiri, karena dia tidak memiliki kakak laki-laki yang cukup umur untuk pergi berperang. Dia punya adik laki-laki, tapi dia terlalu muda untuk ini.

Kepergian Mulan untuk bertarung adalah keputusan kolektif.
Adaptasi Disney: Dalam film animasi dan versi sinematik terbaru, Mulan membuat keputusan untuk melarikan diri dan menggantikan ayahnya di militer untuk menyelamatkannya. Semua ini dilakukan secara rahasia. Dia mengambil baju besi dan pedangnya dan pergi di malam hari. Keluarganya baru mengetahui hal ini di pagi hari setelah gadis itu pergi.

Legenda: Dalam drama tersebut, Mulan membahas keputusannya dengan keluarganya. Dia memberi tahu mereka bahwa dia ingin membeli kuda, pelana, kuda, selimut, kekang, dan cambuk. Setelah debat singkat, keluarganya menerima keputusan ini. Dalam drama tersebut, dia bahkan belajar cara menunggang kuda dan berlatih dengan tombak.

Dada dan suaranya bukanlah satu-satunya hal yang dapat mengungkapkan identitas kewanitaannya.
Adaptasi Disney: Jika seseorang mengetahui bahwa Mulan adalah seorang wanita, dia akan terbunuh - fakta ini ditekankan berkali-kali di sepanjang cerita. Karena itu, bergabung dengan tentara ternyata merupakan keputusan yang sangat berisiko baginya, jadi dia melakukan segalanya untuk menyembunyikan jenis kelaminnya. Meskipun cara identitasnya terungkap dalam versi animasi dan sinematik berbeda, disebutkan betapa memalukan tindakannya itu.

Legenda: Dalam drama (yang ditulis pada abad keenam belas), Mulan diperlihatkan dengan kaki terikat, yang telah menjadi kebiasaan Cina yang dipraktikkan selama 10 abad. Menyadari bahwa kaki kecilnya akan mengungkapkan identitasnya, dia harus melepaskannya sebelum memakai sepatu pria. Namun, tidak ada yang disebutkan tentang hukuman ketat yang akan diberlakukan jika seseorang mengetahui rahasianya.

Mulan sudah menjadi pejuang yang cukup kompeten, bahkan sebelum dia bergabung dengan tentara.
Adaptasi Disney: Bagian penting dari cerita ini menunjukkan kepada kita betapa kerasnya Mulan berlatih di ketentaraan. Dalam versi animasi, dia menjadi lebih kuat di bawah komando Jenderal Li Shang. Di sana, dia juga menggunakan nama baru, "Ping". Dalam film tersebut, nama barunya, "Hua Jun", adalah apa yang diberikan kepadanya saat diinstruksikan oleh Komandan Tung yang lama, berpengalaman, dan ketat. Di kedua versi tersebut, kami melihat Mulan sebagai orang yang harus bekerja dua kali lebih keras untuk mencapai puncak.

Asli: Drama kuno memberi tahu kita bahwa Mulan mengambil nama baru untuk dirinya sendiri, "Hua Hu," dan dia ditampilkan sebagai pejuang yang terampil dan berbakat yang tidak takut pergi berperang. Meskipun dia harus menjalani pelatihan militer, tidak sulit baginya.

Rekan-rekannya curiga dan merasa ada yang tidak beres.
Adaptasi Disney: Dalam film animasi, kita bertemu dengan 3 karakter pendukung yang bertarung bersama Mulan di ketentaraan: Yao, Ling, dan Chien Po. Dalam film tersebut, Mulan memiliki cukup banyak teman di ketentaraan, dan seorang rekan tentara, Honghui, mendapat banyak perhatian. Dalam kedua versi tersebut, kita melihat bahwa tidak ada yang benar-benar mencurigai identitas asli Mulan, dan dia bahkan berhasil berteman baik dengan teman-temannya.

Asli: Dalam balada, kami tidak melihat teman dekat Mulan disebut. Namun, drama itu memberi tahu kita hal menarik lainnya: rekan-rekannya memperhatikan bahwa Hua Hu agak aneh. “Dia” menghargai privasi, dan kapan pun dia ingin buang air, dia akan melakukannya sendiri, sementara pria lain tidak memiliki masalah melakukannya secara terbuka di samping orang lain. Ketika Mulan mengetahui kecurigaan mereka, dia berjanji untuk memberi tahu mereka rahasianya setelah mereka kembali ke rumah.

Sihir digunakan untuk tujuan yang sangat berbeda.
Adaptasi Disney: Dalam versi animasinya, kita bertemu Mushu, yang disebut roh penjaga keluarga Fa yang kemudian juga menjadi pendamping Mulan. Dalam film tersebut, naga lucu telah disingkirkan, tetapi sipir lain ditambahkan untuk melindungi Mulan dan membantunya menemukan arah yang benar: burung phoenix. Dalam kedua versi tersebut, roh-roh ini dibutuhkan untuk membantu dan melindungi Mulan selama kesulitan yang dihadapinya.

Asli: Baik Mushu maupun burung phoenix tidak ada dalam balada aslinya. Tidak ada orang di sana untuk membantu dia atau untuk menciptakan masalah di jalannya, selain orang biasa yang dia temui. Namun, sihir masih terjadi di beberapa versi cerita. Karena ukuran kakinya menjadi perhatian besar, ketika dia kembali dari perang, dia menggunakan ramuan ajaib pada mereka. Itu kemudian membalikkan kakinya kembali ke ukuran mungil aslinya, membuatnya terlihat lebih feminin.

Hubungan romantisnya tidak sepuitis yang kita lihat di layar. Patung itu menunjukkan Mulan pulang ke rumah dan disambut oleh ayahnya.
Adaptasi Disney: Dalam film animasi, kita bisa melihat bagaimana kisah romantis antara Mulan dan jenderalnya berkembang. Dia bahkan akhirnya menikah dengannya di film animasi kedua, Mulan II. Dalam film tersebut, alur cerita romantis diubah menjadi berputar di sekitar rekan rekannya, Honghui. Namun, di sini jauh lebih sederhana, dan Mulan hanya menyentuh tangannya satu kali sebelum dia pergi pulang. Kami tidak pernah tahu apakah dia akhirnya menikah dengannya.

Asli: Balada tidak menyebutkan apapun tentang pernikahan Mulan. Namun, drama tersebut memberi tahu kita bahwa dia kembali ke rumah setelah 12 tahun bertugas di ketentaraan dan orang tuanya dengan cepat mengatur pernikahannya dengan tetangga sebelah.

Fakta apa dari kisah Mulan yang paling membuat Anda terkesan?


Tahukah Anda

Informasi Anda Genggam



Loading...