Tak Usah Berharap Pajak Mobil Baru Jadi 0 Persen Tahun Depan, Ini Pernyataan Menteri Sri Mulyani

Siswandi
Senin, 19 Oktober 2020 | 15:56 WIB
Ilustrasi R24/wan Ilustrasi

RIAU24.COM -  Harapan pelaku bisnis otomotif, terkait rencana pemerintah menerapkan pajak 0 pereen untuk mobil baru mulai tahun 2021, tampaknya mulai tipis. Bahkan nyaris mustahil. Ada baiknya,  harapan itu dipendam dulu.  

Adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang menyebutkan pihaknya tidak akan membebaskan pajak mobil baru. 

Bahkan Sri Mulyani mengatakan, pihaknya tidak ada rencana untuk membahas hal itu dalam waktu dekat ini.  

Baca juga: Naik Rp 8.000, Harga Emas Antam Jadi Rp 940.000/gram

"Kita tidak mempertimbangkan saat ini untuk memberikan pajak mobil baru sebesar 0 persen seperti yang disampaikan oleh industri dan Kementerian Perindustrian," katanya dalam Konferensi Pers APBN KiTa Edisi Oktober 2020, yang disiarkan lewat Youtube Kementerian Keuangan, Senin 19 Oktober 2020.

Menurutnya, sejauh ini pemerintah sudah banyak mengeluarkan insentif untu berbagai sektor. Termasuk industri yang sangat tertekan akibat pandemi Covid-19. 

Namun meski begitu, pihaknya akan terus mengevaluasi keseluruhan insentif yang telah diberikan ke berbagai sektor agar tetap menimbulkan keadilan.

"Setiap insentif yang kita berikan akan kita evaluasi lengkap, sehingga jangan sampai kita berikan insentif, di satu sisi berikan negatif ke kegiatan ekonomi yang lain," jelasnya, dilansir detik.

Baca juga: Perkuat Peran Perempuan Dalam Pengembangan Ekonomi Syariah, Ini yang Diharapkan BSI

Untuk diketahui,  perihal rencana pajak mobil baru sebesar 0 persen itu, awalnya diusulkan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.  

Menurutnya upaya ini diharapkan dapat menstimulus pasar sekaligus mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...