Kepala Daerah Dominasi Capres yang Berpotensial, Hal Ini yang Jadi Faktornya Menurut Analisis

M. Iqbal
Selasa, 27 Oktober 2020 | 07:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masuk dalam salah satu bursa calon presiden R24/ibl Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masuk dalam salah satu bursa calon presiden

RIAU24.COM -  Meskipun pemilihan presiden masih sangat lama, namun ada beberapa nama yang muncul sebagai tokoh yang diperhitungkan dalam bursa calon presiden mendatang.

Bahkan, Survei Indikator Politik Indonesia memunculkan dominasi beberapa nama calon presiden yang berasal dari unsur kepala daerah, yakni Ganjar Pranowo (18,7 persen), Anies baswedan (14,4 persen), Ridwan Kamil (7,6 persen) dan Khofifah Indar Parawansa ( 4 persen).

Baca juga: Ditangkap KPK, Edhy Prabowo Mundur Dari Waketum Gerindra, Fadli Zon: Semoga Harun Masiku Juga Ditemukan

Pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam seperti dikutip dari Rmol.id, Selasa, 27 Oktober 2020 mengatakan,  tingginya elektabilitas beberapa nama itu dipengaruhi oleh dinamika kebijakan publik dalam menangani pandemi virus corona baru (Covid-19).

Dia menambahkan, wajar saja jika 3 dari 5 besar nama-nama potensial capres pada 20204 mendatang didominasi oleh para kepala daerah.  

"Elektabilitas Capres yg masih dipengaruhi oleh  dinamika kebijakan publik terkait penanganan pandemi Covid-19. Sehingga wajar jika 3 dari 5 besar nama di survei ini diisi oleh para kepala daerah, yakni Ganjar, Anies dan Ridwan Kamil," terang Umam.

Baca juga: Di Medan, Rocky Gerung Minta Masyarakat Halangi Oligarki Hingga Dinasti, ini Penjelasannya

Terkait Prabowo Subianto (16,8 persen) dan Sandiaga Uno (8.8 persen), dalam analisa Umam, posisi 5 besar itu lebih dikarenakan efek dari pemilihan presiden pada 2019 lalu.

"Adapun keberadaan Prabowo dan Sandiaga Uno di posisi 5 besar berpotensi besar dipengaruhi oleh faktor “post-election bias”, atau kecenderungan pola perilaku pemilih yg dipengaruhi oleh peta politik di Pilpres sebelumnya," tuturnya.



Informasi Anda Genggam



Loading...