Ahli Dermatologi Berbagi Nasihat Perawatan Kulit Terburuk Yang Pernah Mereka Dengar

Devi
Minggu, 01 November 2020 | 15:12 WIB
Ahli Dermatologi Berbagi Nasihat Perawatan Kulit Terburuk Yang Pernah Mereka Dengar R24/dev Ahli Dermatologi Berbagi Nasihat Perawatan Kulit Terburuk Yang Pernah Mereka Dengar

RIAU24.COM -  Kulit adalah organ terbesar di tubuh, dan merawatnya adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi beberapa mitos perawatan kulit tidak hanya tidak membantu, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan dan penampilan Anda.

Kami menyelidiki 7 klaim perawatan kulit umum untuk mencari tahu mana yang tidak benar.

1. "Latihan khusus akan menghilangkan garis halus saya."
Latihan wajah mungkin lebih berbahaya daripada manfaatnya. Kulit kita elastis, dan melatih otot menariknya dan akan meregangkannya. Banyak garis halus kita berasal dari aktivitas otot berlebih, dan kebugaran wajah dapat membuat Anda lebih keriput.

2. Pasta gigi akan mengeringkan jerawat saya.
Meskipun mentol dalam pasta gigi memiliki efek mendinginkan dan dapat mengurangi pembengkakan untuk sementara, mengoleskannya pada wajah dapat mengiritasi. Pasta gigi diformulasikan untuk gigi Anda dan memiliki tingkat pH dasar. Kulit memiliki pH asam alami, dan membuatnya marah bisa menyebabkan ruam dan rasa terbakar.

Baca juga: Walau Banyak yang Tak Suka, Manfaat Labu untuk Kesehatan Gak Main-main Lho

3. “Tanning membersihkan jerawat.”
Warna cokelat untuk sementara waktu dapat menutupi kemerahan pada jerawat, tetapi efek ini pada akhirnya akan menjadi bumerang. Sinar matahari mengeringkan kulit berminyak, dan sebagai tanggapannya, sinar matahari menghasilkan lebih banyak minyak, yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat. Menggunakan obat untuk mengobati jerawat membuat kulit lebih rentan terhadap sinar UV, yang dapat menyebabkan penuaan kulit dini.

4. "Saya bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti pelembab."
Minyak kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat membantu melawan noda, tetapi jika Anda memiliki kulit berminyak, hal itu dapat menyebabkan lebih banyak jerawat. Minyak kelapa bersifat komedogenik, artinya menyumbat pori-pori. Ini dapat menyebabkan peradangan kulit dan menyebabkan jerawat.

Baca juga: Apa Itu Angiosarcoma, Kanker yang Renggut Nyawa Desainer Louis Vuitton Virgil Abloh

5. "Kulit saya sangat berminyak, saya harus lebih sering mencuci wajah."
Membersihkan wajah secara berlebihan sama berbahayanya dengan tidak melakukannya sama sekali. Menggosok wajah terlalu sering dapat merusak pelindung kulit Anda. Lapisan luar kulit Anda mengandung lemak yang melindunginya dari lingkungan, dan mengganggu keseimbangan ini dapat menyebabkan peradangan.

6. "Saya tidak membutuhkan tabir surya jika saya bekerja di kantor sepanjang hari."
Meskipun Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di dalam ruangan, Anda tetap perlu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kaca jendela hanya menghalangi sebagian sinar UV, tetapi tidak dapat memblokir semuanya secara merata. Paparan sinar UV dapat menyebabkan keriput, bintik matahari, dan kanker kulit, dan mengoleskan tabir surya merupakan langkah penting dalam melindungi kulit Anda.

7. “Memencet jerawat akan membantunya sembuh lebih cepat.”
Memencet jerawat secara acak dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut. Jika Anda memunculkan jerawat di rumah, Anda mungkin mendorong beberapa konten di dalam jerawat lebih dalam ke kulit, yang dapat menyebabkan jerawat yang lebih terlihat dan menyakitkan. Untuk menghilangkan jerawat, yang terbaik adalah mengunjungi ahli kesehatan kulit untuk mendapatkan perawatan.

Pernahkah Anda mendengar nasihat ini? Apakah Anda mengetahui mitos perawatan kulit lainnya?


Kecantikan Wajah
Informasi Anda Genggam


Loading...