Yamaha Bersyukur Garrett Gerloff Mau Jadi Cadangan Valentino Rossi

Riko
Kamis, 05 November 2020 | 14:42 WIB
Foto (internet) R24/riko Foto (internet)

RIAU24.COM -  Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, bersyukur rider GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff, mau secara mendadak diminta jadi rider cadangan Valentino Rossi dalam MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 6-8 November, meski belum punya pengalaman di kategori ini.

Baca juga: Tebak-Tebakan Setelah Marc Marquez Pensiun dari Repsol Honda, Siapa Penggantinya?

Seperti diketahui, Rossi pertama kali kedapatan positif Covid-19 pada Kamis 15 Oktober 2020 lalu, hingga harus absen dari MotoGP Aragon dan Teruel. Ia pun diharapkan bisa kembali di MotoGP Eropa, namun tes PCR-nya pada Selasa 3 November 2020 masih menunjukkan positif Covid-19, walau tubuhnya tak lagi menunjukkan gejala sakit.

Rossi pun harus menjalani dua tes PCR lagi pada Rabu 4 November 2020. Dua tes ini harus menunjukkan hasil negatif agar Rossi bisa turun di MotoGP Eropa. Namun, jika salah satu atau keduanya positif, Gerloff otomatis akan menggantikannya, dan kemungkinan juga akan jadi pengganti lagi di MotoGP Valencia pada 13-15 November.

"Sayangnya, kami harus memasuki triple-header terakhir dengan ketidakpastian soal pembalap kami. Sementara Vale merasa lebih baik, kami tak bisa yakin apakah ia akan berkendara di Valencia akhir pekan ini sampai ia lolos dua tes PCR dengan hasil negatif Covid-19," ujar Meregalli via rilis resmi tim mengutip dari Bola. net. Kamis 5 November 2020.

Banyak pihak heran mengapa Gerloff yang dipilih, justru bukan Jorge Lorenzo, Michael van der Mark, Toprak Razgatlioglu, atau Loris Baz, mengingat rider Amerika Serikat itu masih baru di kejuaraan dunia. Lorenzo kabarnya tak dipilih karena mengalami keretakan hubungan dengan Yamaha, sedangkan van der Mark akan pindah ke BMW tahun depan.

Razgatlioglu sempat jadi opsi yang sangat menarik, namun ia disponsori oleh Red Bull, rival utama Monster Energy. Loris Baz punya pengalaman tiga musim di MotoGP, namun saat ini masih belum dapat kontrak baru dari Yamaha. Atas alasan ini, Gerloff diyakini sebagai pilihan paling logis karena tak memiliki konflik apa pun.

Tantangan Besar, Yamaha Siap Bantu Gerloff Adaptasi
"Ini memang situasi aneh. Kami tak tahu siapa yang akan mengendarai motor kami akhir pekan ini, selain Maverick (Vinales). Tapi situasi ini di luar kendali kami, jadi kami melakukan segalanya agar siap menghadapi kemungkinan apa pun. Atas alasan ini, kami berterima kasih pada Garrett yang mau ambil tantangan mengendarai YZR-M1," lanjut Meregalli.

Baca juga: Kisah Pemain Bola Liga Inggris Yang Tetap Puasa Saat Bertanding; Allah Membantu Kami

Pria yang akrab disapa 'Maio' ini sadar betul bahwa Gerloff akan menghadapi tantangan besar. Selain belum pernah mengendarai motor MotoGP, rider 25 tahun ini belum pernah berkendara di Valencia. Apalagi, tempat yang kemungkinan akan ia isi adalah tempat sang sembilan kali juara dunia sekaligus ikon MotoGP.

"Tak pernah mudah jadi pengganti Vale, karena ini peran besar yang harus diisi, dan ini bakal sangat menantang bagi Garrett, karena ia waktu persiapannya sangat singkat dan tak punya pengalaman di MotoGP. Tapi proses belajar ini pasti akan sangat berharga baginya. Kami akan melakukan segalanya demi membantunya jika ia memang menggantikan Vale," tutupnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...