1.000 Personel Polisi Disiagakan Amankan Aksi Demo di Kedubes Prancis

M. Iqbal
Jumat, 06 November 2020 | 10:59 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Aksi untuk mengecam atas pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron soal Islam akan kembali digelar. Aksi demo ini akan berlangsung di depan Kedubes Prancis, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, siang ini.

Dilansir dari Detik.com, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan di Kedubes Prancis terkait rencana aksi tersebut. Pengamanan dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

"Pengamanan ada kita siapkan, terbuka dan tertutup. Terbuka artinya dengan petugas berseragam," ujarnya, Jumat 6 November 2020.

Baca juga: Pakar Kesehatan Sebut Jokowi Bukan Panutan Yang Baik, Ini Sebabnya

Sementara itu, Kabag Ops Polres Jakarta Pusat AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan, ada 1.000 personel yang disiapkan untuk mengamankan aksi massa.

"Kita turunkan 1.000 personel keamanan ya. Itu gabungan dari Polda, TNI, Polres," ujar Wiraga.

Menurut Wiraga, aksi massa akan dimulai pukul 13.00 WIB. Dua elemen massa yang terdiri dari ormas keagamaan dan mahasiswa akan menyampaikan aspirasinya di depan gedung Kedubes Prancis.

Baca juga: Semakin Kurus, Benarkah Virzha Indonesian Idol Pakai Narkoba? Begini Penjelasannya

Wiraga menambahkan, massa nantinya juga akan melakukan salat Jumat berjamaah di sekitar lokasi. "Ini kan ada dua elemen (massa). Total sih antara 400 hingga 600 orang ya," imbuh Wiraga.

Sejumlah langkah pengamanan pun telah disiapkan kepolisian. Selain itu, Wiraga menyebutkan pengalihan arus di sekitar lokasi nantinya akan bersifat situasional.

"Kita pasti meminta mereka tertib tidak mengganggu yang lain. Kepada pengguna jalan lain juga kita upayakan (lalu lintas) mengalir. Nanti kalau massanya banyak nanti kita akan alihkan arus seperti biasa," jelasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...