Setelah Anies, Ridwan Kamil Juga Niat Bertemu Habib Rizieq, Ini Alasannya

Siswandi
Rabu, 11 November 2020 | 11:06 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  R24/wan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

RIAU24.COM -  Sejak kepulangannya ke Tanah Air, Selasa (10/11/2020) kemarin, banyak pihak yang mengaku ingin bertemu dan bersilaturahmi dengan Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. 

Di antara sejumlah tokoh yang sudah bertemu dengan Habib Rizieq adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Tidak hanya Anies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengaku dirinya sedang mempertimbangkan untuk menemui Habib Rizieq. Namun ia belum bisa memastikan kapan ia akan bertemu. 

Baca juga: Ribuan Pengendara Sepeda Motor yang Nekat Mudik, Dipaksa Putar Arah di Perbatasan Bekasi - Karawang

"Rencana atau tidak ada rencana belum saya putuskan. Jadi saya kira nanti dipertimbangkan," ungkapnya, Rabu 11 November 2020, di Bandung.

Selain mengaku belum bisa memastikan jadwal pertemuan, Ridwan Kamil juga belum memastikan topik apa yang akan dibahas jika pertemuan tersebut diagendakan.


Menurutnya, secara kewilayahan FPI juga memiliki sekretariat di Bogor. "Karena dari sisi markasnya tidak hanya di Petamburan, ada juga di Bogor kalau tidak salah," katanya, dilansir viva.

Terlepas dari rencana tersebut, Ridwan Kamil menegaskan, sebagai umat muslim adalah sebuah kewajiban untuk bersilahturahmi antar sesama. Karena itu, rencana tersebut merupakan hal yang wajar.

"Kepada siapa pun kita wajib bersilaturahmi," tegasnya. 

Baca juga: Masyarakat yang Positif Covid-19 Ketangkap Mudik Lebaran, Petugas Lakukan Tindakan Ini

Seperti diketahui, Anies Baswedan adalah kepala daerah pertama yang sudah melakukan pertemuan dengan Habib Rizieq. Pertemuan itu terjadi Selasa (10/11/2020) malam di kediaman Habib Rizieq di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. 

Pertemuan itu juga telah menuai reaksi. Salah satunya datang dari politikus senior PDI Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno. Menurutnya, ada kemungkinan kalau pertemuan itu merupakan penjajakan menuju Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden mendatang.

"Ya mungkin untuk penjajakan dan pemanasan (Pilpres). Rentang waktu antar Pileg-Pilpres adalah masa politisi membuktikan kerjanya, memberi bukti krida dan kinerjanya," lontarnya.

Namun demikian, Hendrawan menilai kunjungan Anies ke rumah Habib Rizieq adalah sesuatu hal yang wajar. Sebab, mereka berdua adalah sahabat. Bahkan ia yakin, tak hanya Anies, sahabat lain juga pasti akan menemui Habib Rizieq.*** 


Informasi Anda Genggam


Loading...