Flek Hitam di Wajah Bikin Kamu Kurang Percaya Diri, Gunakan 5 Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkannya...

Devi
Senin, 16 November 2020 | 11:42 WIB
Flek Hitam di Wajah Bikin Kamu Kurang Percaya Diri, Gunakan 5 Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkannya... R24/dev Flek Hitam di Wajah Bikin Kamu Kurang Percaya Diri, Gunakan 5 Bahan Alami Ini Untuk Menghilangkannya...

RIAU24.COM - Bintik hitam di wajah tidak hanya membuat iritasi tapi juga 'merusak' penampilan seseorang. Dalam istilah medis, ini juga disebut sebagai hiperpigmentasi. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti bekas jerawat, paparan sinar matahari, perubahan hormonal dan faktor penuaan.

Ada berbagai krim dan serum yang dapat digunakan untuk mengurangi komedo tetapi biasanya juga memiliki efek samping jangka panjang.

Baca juga: Firaun Ini Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Siapa?



Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan komedo di wajah diantaranya;

1. Pepaya

Pepaya biasanya merupakan exfoliator alami untuk kulit wajah. "Pepaya memiliki zat asam buah yang dikenal sebagai alfa-hidroksi sebagai agen eksfoliator," kata dokter kulit Dendy Engleman. Alpha-hydroxy (AHA) bekerja untuk memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas dan membunuh sel kulit yang rusak. Ini sangat efektif dalam memecah sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Pepaya khususnya akan membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih muda. Untuk mengatasi masalah komedo, tumbuk pepaya dalam mangkuk hingga halus lalu gosokkan sebagai masker.

2. Kunyit

Kunyit banyak digunakan karena berbagai manfaatnya antara lain mengurangi peradangan, mengatasi gangguan pencernaan bahkan merawat kulit wajah. Kunyit terbukti dapat menghambat produksi melanin kulit yang berperan memproduksi komedo akibat hiperpigmentasi.

Caranya sederhana, haluskan kunyit lalu campur dengan madu hingga tercampur rata. Oleskan pada kulit bermasalah.

3. Minyak almond

Bahan alami yang paling umum untuk mengatasi perubahan warna kulit adalah minyak almond. “Adanya vitamin E dan niasin (dalam minyak almond) membantu mengatasi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit,” ujarnya.

Hal tersebut dikarenakan minyak almond tidak menyumbat pori-pori dan sangat cocok digunakan untuk melindungi kulit.

Baca juga: Buaya Raksasa Ini Sengaja Dilepas di Perbatasan AS-Meksiko untuk Takut-takuti Para Migran yang Hendak Nyebrang Ilegal

4. Yogurt

Yogurt berfungsi untuk memudarkan komedo pada kulit melalui proses pengelupasan. Seperti pepaya, yogurt juga mampu mengurai sel kulit mati karena kandungan asam laktatnya. "Asam laktat juga mampu memperbaiki perubahan warna dan flek akibat penuaan," kata Dendy.

Oleskan saja pada kulit atau bisa dicampur dengan bahan tambahan lain yang memiliki manfaat untuk kulit seperti madu. Menambahkan oat juga dapat mempermudah proses pengelupasan dan melembabkan kulit kering.

5. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu bahan alami yang paling efektif untuk mengurangi komedo di wajah sekaligus berpotensi mencegah pembentukan komedo baru. Tak hanya suplemen, vitamin C mudah didapat dari makanan seperti buah dan sayur.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...