Dianggap Mujarab Hingga Bisa Angkat Penyakit, Ini 4 Pengobatan Aneh yang Masih Dilakukan Hingga Kini

Riko
Sabtu, 21 November 2020 | 19:43 WIB
Foto (internet) R24/riko Foto (internet)

RIAU24.COM -  Walaupun dunia sudah modern, tapi yang namanya pengobatan tradisional masih menjadi salah satu opsi yang banyak digunakan oleh masyarakat, terutama mereka yang berada di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Tak hanya itu, penyakit menahun yang tak mampu lagi ditangani secara medis, bisanya akan lari kepada obat-obat ajaib nan unik. 

Baca juga: Jangan Asal Obati, Ini 5 Langkah Mengobati Luka Terkena Panas Knalpot

Melansir dari Boombastis berikut ini obat-obat alternative yang sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit, namun juga membuat jijik beberapa orang.

Cacing tanah untuk berbagai masalah kesehatan

Selain air kencing, cacing tanah juga tak kalah pamornya di dunia kesehatan. Bagi sebagian orang, cacing adalah hewan menjijikkan dan bikin geli, tapi siapa sangka jika masih banyak sekali yang menggunakannya sebagai solusi bagi berbagai jenis penyakit. Cacing tanah yang menjadi obat ini biasanya sudah diekstrak dalam bentuk kapsul sehingga tak lagi terlalu menjijikkan. Di antara penyakit yang sering menggunakan cacing sebagai obat adalah tifus, diare, mengatasi masalah metabolik, serta melancarkan sirkulasi darah.

Air kencing untuk mengobati sakit mata

Kamu pasti sering mendengar orang mengatakan saat sakit mata, maka gunakanlah air kencing sendiri untuk mengobatinya. Air kencing ini mujarab sekali bagi beberapa orang yang sudah memberikan testimoni. Namun, kalau ditinjau dari dunia medis, para dokter tidak sepakat dengan cara pengobatan ini. “Air seni itu kotor, mengandung kotoran, bakteri, dan kuman. Kalau kita teteskan ke mata, berarti menaruh atau meletakkan bakteri ke mata kita,” kata Staf Ahli Divisi Vitreo-Retina RSCM-Kirana, dr. Elvioza, SpM (K). Bukan malah menyembuhkan, bakteri akan berkembang di dalam mata, kan?

Daging monyet untuk kesehatan kulit dan bisa tingkatkan vitalitas

Dalam ajaran Islam, monyet dianggap sebagai salah satu binatang buas. Selain itu, primata ini juga dianggap sebagai hewan yang kotor (khotibs). Nyatanya, masih banyak orang yang menggunakan daging monyet sebagai obat. Melansir manfaat.co.id, beberapa penyakit seperti gangguan perut, sakit mata, hingga meningkatkan vitalitas.

Baca juga: 5 Olahraga Ini Tidak Efektif Untuk Turunkan Berat Badan

Minyak ular dan hati beruang untuk obat asma

Nah, kalau obat unik yang satu ini, penulis pun pernah mencobanya. Minyak ular dipercaya bisa mengatasi masalah paru-paru. Salah satunya adalah asma. Penyakit ini biasanya merupakan penyakit bawaan dari lahir, atau penyakit yang didapat karena beberapa sebab. Minyak ular yang berwarna kuning kental ini dikonsumsi layaknya sirup biasa. Yah, rasanya memang aneh dan berbau sedikit amis sih, namanya juga minyak ular. Selain minyak ular, konon hati beruang hutan juga bisa mengobati sakit asma. 



Informasi Anda Genggam



Loading...