Biar Valid Data DTKS dan PPKS Disdukcapil Teken MoU Bersama Dinsos Bengkalis

Dahari
Selasa, 24 November 2020 | 10:56 WIB
Kadisdukcapil H. Ismail dan Kadisos Hj Martini saat teken MoU R24/hari Kadisdukcapil H. Ismail dan Kadisos Hj Martini saat teken MoU

RIAU24.COM - BENGKALIS - Untuk mempermudah akses dan pengecekan serta veritikasi data penduduk terutama yang tidak valid di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan juga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sepakat melakukan kerja sama.

Kesepahaman itu tertuang dalam nota atau memorandum of understanding (MoU) ditandatangani oleh Kepala Dinsos Bengkalis Dra. Hj. Martini dan Kepala Dukcapil H. Ismail di Kantor Dukcapil Jalan Pertanian, baru baru ini.

Baca juga: Selain Tukang Ojek Dan Becak, Pekerja Bangunan Juga Mendapat Sasaran Jumat Berbagi DPD II Partai Golkar

Disepakatinya kerja sama ini, Dinsos juga menjadi satu-satunya Perangkat Daerah (PD) yang memperoleh akses dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, selanjutnya memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), data kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dalam layanan tugas Dinsos Kabupaten Bengkalis.

"MoU ini kita diberi akses untuk mengecek data penduduk, terutama DTKS yang tidak valid. Dan mudah-mudahan bisa memperlancar perbaikan DTKS dan PPKS di Dinsos dan ini memang sangat dibutuhkan," ungkap Kepala Dinsos Bengkalis, Hj. Martini, Selasa 24 November 2020.

Baca juga: Hanya Satu Kapal Roro Yang Melayani, Antrian Panjang Hingga Ke Jalan Poros

Martini mencontohkan, jika ada masalah dengan NIK yang tidak valid, dan adanya MoU ini akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui langsung. 

"Setelah memperoleh izin dari Dirjen Dukcapil, nanti data penduduk itu bisa diakses langsung dari kantor kita, ini akan mempermudah verifikasi data sesuai dengan keperluannya,"ucapnya. 

Sebagai tahap awal ini, Dinsos  akan dibukakan atau diberikan izin untuk mengakses data penduduk dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

 


Informasi Anda Genggam


Loading...