Dunia tak Akan Sama Lagi Setelah Pandemi Covid-19 Usai, Ignasius Jonan Sebut Ini 5 Jenis Bisnis yang Bakal Berkembang

Siswandi
Kamis, 26 November 2020 | 16:50 WIB
Ignasius Jonan R24/wan Ignasius Jonan

RIAU24.COM -  Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menyebutkan, kondisi dunia tidak akan sama lagi, setelah pandemi Covid-19 usai. Khususnya yang berkaitan dengan perkembangan industri. 

Karena itu, ia menyarankan Indonesia harus menyiapkan 5 jenis bisnis, yang diperkirakan akan berkembang pesat setelah pandemi berakhir. 

Baca juga: Kisah Seorang Pria Lumpuh yang Membersihkan Plastik di Sungai Selama Bertahun-Tahun Jadi Viral di Media Sosial

"Menurut saya ketika pandemi (Covid-19) ini selesai, dunia tidak akan sama lagi. Ini perlu dipikiran luar biasa. Karena, CEO Pepsi dan Coke, CEO IBM juga mengatakan ini dunia tidak akan sama lagi," ujarnya, dalam acara virtual Infobank, Kamis 26 November 2020. 

Dilansir rmol, Jonan memprediksi arah perkembangan industri di dunia juga akan otomatis berubah.

Dia meramalkan, ada 5 jenis bisnis yang berpotensi dan harus disiapkan Indonesia untuk menghadapi perubahan dunia pasca pandemi Covid-19.

Kelima jenis bisnis itu adalah renewable energy atau energi terbarukan, kedua Electric Cars atau kendaran bermotor berbahan daya listrik, Online Business atau bisnis online, disusul bisnis lingkungan hidup dan kelima Artificial Intelegence atau kecerdasan buatan.

Baca juga: 7 Trik Psikologi Untuk Memenangkan Hati Orang Lain, Berani Coba?

Oleh karena itu, Jonan mengharapkan pemerintah bisa mempersiapkan dengan baik potensi-potensi bisnis tersebut dari sekarang. 

Sehingga ketika menghadapi dunia usai pandemi Covid-19, Indonesia sudah siap bertarung di kancah global. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...