Konsumsi 5 Buah Ini Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Devi
Senin, 30 November 2020 | 17:22 WIB
Konsumsi 5 Buah Ini Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung R24/dev Konsumsi 5 Buah Ini Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung
Bea Cukai

RIAU24.COM -  PENYAKIT JANTUNG masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Bahkan setiap tahun, jumlah korban tewas terus meningkat dan hal itu bukan lagi penyakit para lansia.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015 membuktikan bahwa 70 persen kematian dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular, 45 persen penyakit jantung dan pembuluh darah tersumbat.

Kampanye melawan penyakit jantung terus dilakukan dan salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk mengubah gaya hidup dan pola makan sehat.

Baca juga: Benarkah Jus Jambu Ampuh Meningkatkan Trombosit? Ini Jawaban Ahli



Buah adalah salah satu makanan yang bermanfaat bagi jantung. Tidak hanya baik untuk pasien jantung tetapi juga untuk orang sehat yang ingin menjaga kesehatan jantungnya.

Berikut lima jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Memberi

Semua jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry dan raspberry merupakan kelompok buah-buahan yang memiliki nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan dan antosianin dalam buah beri dipercaya mampu meredakan peradangan pada jantung dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Dalam sebuah penelitian terhadap 27 orang dewasa yang mengonsumsi buah beri selama delapan minggu terbukti menurunkan kolesterol jahat hingga 11 persen.

2. Ceri

Seperti buah beri, ceri juga kaya akan antioksidan dan polifenol yang bagus untuk melindungi pembuluh darah, mengurangi pembengkakan di jantung, dan menstabilkan tekanan darah.

Secangkir ceri seberat 154 gram mengandung 10 persen potasium dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan polifenolnya juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan potasium yang dapat berperan dalam membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko sindrom metabolik.

Dalam satu buah alpukat terdapat 975 miligram potasium dan manusia membutuhkan 28 persen darinya sementara mengonsumsi 4,7 gram kalium sehari dari buah yang sama berpotensi menurunkan 15 persen tekanan darah tinggi dan risiko stroke.

4. Tomat

Kandungan likopen pada tomat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang berkontribusi pada masalah pembuluh darah yang tersumbat.

Kandungan antioksidan pada tomat juga mampu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah terjadinya peradangan yang menjadi sumber penyakit jantung.

Sebuah penelitian terhadap 50 wanita obesitas yang makan dua tomat mentah empat kali seminggu terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Jumlah kolesterol baik dalam tubuh manusia membantu menghilangkan plak di arteri dan menjaga kesehatan jantung serta mencegah stroke.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan Umum yang Harus Diwaspadai Pria

5. Jeruk nipis

Lemon mengandung serat pektin yang mampu melindungi dari kolesterol sedangkan potasium di dalamnya membantu mengontrol tekanan darah.

Antioksidan dan flavonoid yang terkandung di dalamnya juga meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lemon selama sebulan membuktikan bahwa mereka yang berisiko terkena penyakit terkait kardiovaskular memiliki fungsi sel endotel yang lebih baik.

Selain itu, hasil penelitian juga menemukan bahwa minum jus lemon secara rutin dapat mencegah penyakit batu empedu.


Informasi Anda Genggam


Loading...