Ini Sederet Artis Yang Menang dan Kalah di Pilkada 2020 versi Hitung Cepat

Riko
Kamis, 10 Desember 2020 | 22:37 WIB
foto : internet R24/riko foto : internet

RIAU24.COM -  Memiliki penggemar banyak menjadi modal kuat bagi para artis untuk memenangkan hati masyarakat agar bisa duduk kursi pemerintahan. Tapin itu semua, bukan jaminan para selebritas beruntung saat terjun ke ranah politik.

Baca juga: Ustaz Zacky Mirza Tiba-tiba Jatuh Pingsan Saat Ceramah di Pekanbaru, Begini Kondisinya Saat Ini

Mengutip dari Sindonews Kamis 10 Desember 2020, berikut sederet penyanyi, pemain film dan sinetron, hingga presenter yang memantapkan diri maju di Pilkada 2020 namun belum memenangkan pertarungan berdasarkan hasil penghitungan cepat atau quick count. 

1. Iyeth Bustami (Kabupaten Bengkalis)

Predikat sebagai diva dangdut melayu tampaknya belum membuat Iyeth Bustami berhasil menjadi Wakil Bupati Bengkalis, Riau. Iyeth mendampingi calon bupati Kaderismanto, dengan nomor urut 1 dan diusung oleh PDIP dan PKB.

Berdasarkan perhitungan sementara KPU dari 523 per 1.285 TPS (40,70%), pasangan ini masih menduduki posisi paling buncit dibandingkan tiga pasangan calon (paslon) lain, dengan perolehan 19,2%. Iyeth kalah dari istri bupati nonaktif Bengkalis Amril Mukminin, Kasmarni, yang didampingi Bagus Santoso dengan persentase 31,1%.

2. Adly Fairuz (Kabupaten Karawang)

Ketenaran sebagai aktor dan penyanyi yang disandang Adly Fairuz belum berhasil membuatnya memenangkan kursi Wakil Bupati Karawang, Jawa Barat. Dalam pencalonan, Adly berpasangan dengan calon bupati Yesi Karya Lianti. Pasangan nomor urut 1 ini diusung PDI Perjuangan, PBB, PAN dan PPP.

Berdasarkan survei Indikator, Yesi dan Adly hanya mendapat 10,75% suara. Begitupun dari perhitungan sementara KPU di 744 per 4.451 TPS (16,72%), pasangan ini baru mencapai 12,0 persen.

Merupakan cucu dari Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin tak lantas membuat karier politik Adly berjalan mulus. Mereka kalah telak dari petahana Bupati Karawang 2016-2021 Cellica Nurrachadiana ditemani tokoh pengusaha Aep Syaepuloh dengan capaian suara tembus 60,14% versi quick count.

3. Firman Mutakin (Kota Cilegon)

Pemeran Mas Hadi dalam sinetron Cinta Fitri, Firman Mutakin, mendaftar sebagai calon wakil wali kota Cilegon, Banten. Paslon nomor urut 1 itu maju sebagai calon independen berpasangan dengan calon Wali Kota Ali Mujahidin.

Ali-Firman diproyeksi kalah dari dua pasangan lain versi hitung cepat dengan memperoleh 20,66% versi Voxpol Center. Ali-Firman kalah dari tokoh pengusaha Helldy Agustian bersama Sanuji Pentamarta yang memperoleh 34,41%.

4. David Chalik (Kota Bukittinggi)

Aktor dan presenter televisi keturunan Minangkabau, David Chalik juga belum beruntung pada Pilkada 2020. Dirinya maju sebagai calon Wakil Walikota Bukittinggi bersama Irwandi. Paslon nomor urut 3 ini didukung oleh Partai Nasdem, PAN, serta PKB.

Berdasarkan perhitungan sementara KPU dari 124 per 233 TPS (53,22%), Irwandi-David menduduki posisi paling buncit dengan perolehan 14,3%. David kalah dari pasangan Erman Safar-Marfendi yang memperoleh 45,4% suara sementara.

Sementara tiga artis berikut ini diprediksi menang dalam Pilkada 2020 berdasarkan hasil hitung cepat sementara.

1. Fadia A Rafiq (Kabupaten Pekalongan)

Putri penyanyi dangdut A Rafiq, Fadia A Rafiq, diprediksi memenangkan pertarungan merebut kursi Bupati Pekalongan, Jawa Tengah. Fadia didampingi calon wakil Bupati Riswadi. Paslon nomor urut 2 ini diusung oleh lima partai politik, yaitu PDIP, Golkar, PAN, PKS, dan Demokrat.

Berdasarkan perhitungan sementara KPU dari 1061 per 2163 TPS (49,05%), pasangan ini mendapat perolehan suara terbanyak hingga 57,0%. Dalam dunia hiburan, Fadia mengikuti jejak ayahnya yaitu sebagai pedangdut. Namanya melejit setelah dia melemparkan single yang cukup nge-hits yang berjudul Cik Cik Bum Bum.

2. Lucky Hakim (Kabupaten Indramayu)

Aktor, penulis, dan produser Lucky Hakim juga diproyeksikan menang menjadi wakil bupati Indramayu, Jawa Barat, mendampingi Nina Agustin Bachtiar sebagai calon bupati. Paslon nomor urut 4 ini diusung PDIP, Gerindra, dan Nasdem.

Pasangan ini unggul dari tiga paslon lain dengan persentase 37,49% versi lembaga survei Indikator. Sebelumnya, Lucky Hakim sudah memiliki pengalaman di perpolitikan dengan menjadi anggota DPR pada periode 2014-2019, mewakili daerah pemilihan Jawa Barat 6.

Baca juga: Diprotes Keras, Tokoh Pendiri NU 'Hilang' dari Kamus Sejarah Indonesia, Kementerian Dikbud Jawab Begini

3. Sahrul Gunawan (Kabupaten Bandung)

Sahrul Gunawan yang dikenal sebagai penyanyi, aktor sinetron, model, dan juga presenter ini diproyeksikan berhasil menjadi Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pria kelahiran Bogor itu mendampingi calon bupati Dadang Supriatna.

Paslon dengan nomor urut 3 ini diusung oleh lima partai politik, yakni Demokrat, PKS, PKB, Nasdem, kemudian disusul Hanura. Hasil quick count LSI Denny JA mematok Dadang-Sahrul di angka 56,42%, sementara Indikator mengungkap pasangan ini unggul dengan perolehan suara 54,54%.

 

 

 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...