Hasil Pleno PPK di Rokan Hulu, Sukiman-Indra Gunawan Unggul 2.148 Suara

Riki Ariyanto
Selasa, 15 Desember 2020 | 10:34 WIB
Hasil Pleno PPK di Rokan Hulu, Sukiman-Indra Gunawan Unggul 2.148 Suara (foto/amsur) R24/riki Hasil Pleno PPK di Rokan Hulu, Sukiman-Indra Gunawan Unggul 2.148 Suara (foto/amsur)

RIAU24.COM -  ROKAN HULU- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah merampungkan pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan. Dari pleno tersebut, pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Sukiman-Indra Gunawan (Sukawan) untuk sementara unggul dengan perolehan suara sebanyak 92.394 suara atau (39,25 persen) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Rohul 2020, Sabtu (12/12).

Baca juga: Khitanan Massal dari Rumah Zakat Di Desa Kepenuhan Barat Disambut Antusias

Disusul paslon nomor urut 3, Hafith Syukri-H Erizal (Gass Pooll) sebanyak 90.246 suara (38,33 persen), dan paslon nomor urut 1, H Hamulian-M Syahril Topan (Hartop) dengan perolehan 49.155 suara atau (20,88 persen).

Dilihat dari hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di 16 kecamatan se-Rohul, berdasarkan formulir model D hasil kecamatan KWK (Hasil Pleno PPK), Sukawan unggul dengan perolehan suara terbanyak di 8 kecamatan. Yakni Tambusai Utara, Tambusai, Pendalian IV Koto, Kabun, Tandun, Rokan IV Koto, Kepenuhan Hulu, Bonai Darussalam.

Sedangkan suara terbanyak kedua, diraih Hafith-Erizal yang tersebar di 7 kecamatan. Yakni Rambah, Rambah Hilir, Rambah Samo, Kunto Darussalam, Ujung Batu, Kepenuhan dan Pagaran Tapah Darussalam. Disusul paslon Hartop yang hanya unggul di 1 kecamatan yakni Bangun Purba.

Baca juga: Puskopkar Pemilik Sah Kebun 350 Ha di Sontang, Kapolri Diminta Berantas Mafia Tanah di Riau

Ketua KPU Rohul Elfendri ST M. Eng mengaku pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ditingkat PPK se-Rohul berjalan aman dan lancar. Meski ada sedikit dinamika yang terjadi saat pleno berlangsung.

Diakuinya, KPU Rohul telah menjadwalkan, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara atau pleno tingkat Kabupaten Rohul, Rabu (16/12) pukul 08.30 WIB besok, di Hotel Sapadia Rohul.

Disinggung soal data hasil pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilkada Rohul tingkat kecamatan se-Rohul, Elfendri mengaku KPU Rohul belum merekap dan mendapatkan data rekap perolehan suara di 16 kecamatan se-Rohul dari PPK. 

Sebab, hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan se-Rohul masih berada di dalam kotak surat suara yang telah diantar PPK ke kantor KPU Rohul. Diakuinya, untuk mengetahui hasil rekap perolehan suara pada Pemilihan Bupati dan Wabup Rohul tahun 2020 pada Pilkada Rohul serentak 9 Desember lalu, di saat KPU Rohul melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten. 

"Kami harapkan masyarakat maupun masing-masing tim, paslon, relawan dan simpatisan calon bupati dan wabup Rohul tahun 2020, untuk tetap bersabar menunggu hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Rohul yang dijadwalkan Rabu (16/12) mendatang," sebutnya.

Sementara, berdasarkan hasil penghitungan real count di situs resmi KPU, https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/1406, Selasa (15/12) hingga pukul 10.30 WIB, Paslon H. Sukiman-H. Indra Gunawan unggul dengan perolehan suara 55.603 atau 41,0 persen. 

Menyusul Paslon H. Hafith Syukri-H. Erizal di posisi kedua dengan perolehan  54,022 suara atau 39,8 persen.

Kemudian urutan terakhir, atau ketiga adalah Paslon H. Hamulian-Syahril Topan dengan raihan suara 25,986 atau 19,2 persen. Data ini merupakan hasil perhitungan dari 649 TPS dari 1226 TPS yang tersebar di 16 Kecamatan di Rohul.

Sementara Koordinator Media Center Tim Pemenangan Koalisi Rokan Hulu Maju Sukiman-Indra Gunawan, Novliwanda Ade Putra mengatakan, berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan yang dilaksanakan 16 PPK seRohul, tidak berbeda dengan hasil rekap real count dan quick count yang telah dipublis oleh Tim Koalisi Rokan Hulu Maju pada Rabu (9/12) malam lalu.

"Dari rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan se-Rohul, bertambah selisih menjadi 2.148 suara. Dari keseluruhan perolehan suara yang diraih Sukawan, tentu ini tidak terlepas kerja sama yang baik dari seluruh Tim koalisi Rokan Hulu Maju, Relawan, Simpatisan Sukawan dan elemen masyarakat di 16 Kecamatan se Rohul,"ucap Wanda.

Diakui Politisi Partai Gerindra itu, meski demikian, paslon 2 (Sukawan) bersama Tim Koalisasi tetap menghormati  dan menunggu hasil pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang dilaksanakan KPU Rohul sesuai rencana 16 Desember mendatang.

"Memang dilihat dari perolehan  suara di 16 kecamatan, Kecamatan Tambusai Utara menjadi kunci kemenangan Sukawan, dengan memperoleh kepercayaan dari masyarakat Tambusai  Utara sebanyak 17.583 suara," ujarnya.

Namun, politikus Partai Gerindra Rohul itu tidak menampik, perolehan suara yang diraih Sukawan juga mendapat dukungan dari masyarakat kecamatan lain yang juga sebagai penentu kemenangan.

"Ini membuktikan bahwa paslon nomor 02 Sukiman-Indra Gunawan masih diberikankan kepercayaan dan amanah untuk melanjutkan pembangunan dalam memimpin Kabupaten Rohul periode 2021-2024. Kita mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Pilkada Rohul yakni KPU, Bawaslu, Polri, TNI beserta jajaran dan Satpol PP Damkar Rohul dan masyarakat Rohul yang telah ikut mensukseskan pesta demokrasi yang aman, damai dan kondusif," jelasnya. 


Informasi Anda Genggam


Loading...