Menlu Retno Tegaskan RI Tak Berniat Normalisasi Hubungan dengan Israel

Riko
Rabu, 16 Desember 2020 | 14:41 WIB
Retno Marsudi (net) R24/riko Retno Marsudi (net)

RIAU24.COM -  Menteri Luar Negeri Indonesia , Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak berniat untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Ini adalah respon atas pemberitaan media-media Israel.

Baca juga: Olimpiade Semarak, Covid Melonjak

"Mencermati sejumlah pemberitaan baru-baru ini yang mengatakan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel, sebagai tindak lanjut arahan presiden kepada Menteri Luar Negeri, saya ingin menyampaikan dua hal yaitu, pertama, hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," ucap Retno.

"Kedua, dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan parameter internasional lain yang telah disepakati secara konsisten akan tetap dijalankan," sambungnya, saat melakukan konferensi pers virtual dikutip dari Sindonews. Rabu 16 Desember 2020.

Sebelumnya diwartakan, media Israel mengklaim Indonesia sangat ingin melakukan normalisasi hubungan dengan Israel seperti beberapa negara Arab. Laporan ini muncul setelah Kerajaan Maroko melakukan normalisasi hubungan dengan negara Yahudi tersebut.

Laporan dari Channel 12 dan Channel 13 yang dikutip Times of Israel pada 11 Desember 2020 awalnya memberitakan dugaan peran Arab Saudi dalam perjanjian normalisasi antara Maroko dan Israel yang ditengahi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Laporan itu tidak merinci detail keterlibatan Saudi dalam kesepakatan normalisasi yang diumumkan Kamis pekan lalu. Riyadh sendiri belum secara resmi bereaksi terhadap kesepakatan tersebut.

Baca juga: Setelah 79 Tahun, Mantan Penjaga Kamp Nazi Berusia 1 Abad Ini Berurusan Dengan Pengadilan

Namun, Arab Saudi memainkan peran sentral di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya, terutama di antara negara-negara Muslim Sunni, yang membuat banyak analis berspekulasi bahwa tidak ada kesepakatan normalisasi baru-baru ini yang akan diizinkan tanpa lampu hijau dari Arab Saudi.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...