Kanada Memiliki Astronot Pertama yang Mengorbit Bulan Dalam Misi NASA

Devi
Kamis, 17 Desember 2020 | 08:21 WIB
Astronot (Onedio) R24/dev Astronot (Onedio)

RIAU24.COM -  Seorang astronot Kanada akan mengambil bagian dalam misi bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah negara itu sebagai bagian dari proyek Artemis yang dipimpin NASA, pemerintah mengumumkan Rabu. Misinya, Artemis II, akan mengirimkan uji terbang berawak yang dikirim ke orbit bulan pada tahun 2023. Namun, itu tidak melibatkan pendaratan yang sebenarnya di Bulan, menurut badan antariksa AS.

"Saya bangga mengumumkan yang pertama: Kanada akan bergabung dengan AS dalam misi awak pertama ke Bulan sejak misi Apollo," kata menteri inovasi, sains dan industri Navdeep Bains, dalam konferensi pers.

"Ini akan membuat Kanada menjadi negara kedua setelah AS yang memiliki astronot di luar angkasa," katanya. Bains tidak mengidentifikasi astronot Kanada yang dipilih untuk misi tersebut, yang pertama ke Bulan sejak 1972. Pengumuman itu datang pada Wakil Presiden AS Mike Pence pekan lalu yang mengungkapkan sekelompok orang beranggotakan 18 orang yang dapat pergi ke bulan sebagai bagian dari program tersebut. 

Baca juga: Rumor iPhone 14 Bocor, Menggunakan Kamera 48 MP dan Versi Mini Ditiadakan

Kanada adalah salah satu dari delapan negara - termasuk Australia, Italia, Jepang, Luksemburg, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat - yang telah menandatangani perjanjian untuk berpartisipasi dalam program Artemis NASA, yang bertujuan untuk mengembalikan manusia ke tetangga terdekat Bumi. pada tahun 2024. Ia juga berencana untuk mendirikan stasiun luar angkasa di orbit bulan, yang disebut Gateway.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan bahwa partisipasi Kanada dalam program Artemis adalah bagian dari strategi luar angkasa baru negara itu, yang mencakup investasi sebesar $ 1,6 miliar selama 24 tahun.

Baca juga: Apple Akan Gelar Acara Spesial Pada 20 April 2021

NASA berharap bisa membangun Gateway pada tahun 2026. Itu akan berfungsi sebagai titik pendaratan untuk misi ke Bulan. Artemis III akan mengirim astronot, termasuk wanita pertama, ke Bulan pada tahun 2024.

Astronot terakhir yang benar-benar menginjak bulan adalah awak Apollo 17 pada Desember 1972.


Informasi Anda Genggam


Loading...