Yaman Umumkan Pembentukan Pemerintahan Baru

Riko
Sabtu, 19 Desember 2020 | 16:10 WIB
Foto (internet) R24/riko Foto (internet)

RIAU24.COM - Sebuah pemerintahan baru telah dibentuk di Yaman, menurut laporan televisi pemerintah. Hal itu tidak terlepas dari perkembangan terbaru negara itu yang mengadopsi Perjanjian Riyadh yang mengatur struktur pembagian kekuasaan antara Dewan Transisi Selatan dan pemerintah Yaman.

Baca juga: Olimpiade Semarak, Covid Melonjak

Diplomat Yaman Ahmad Awad bin Mubarak ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri Yaman yang baru. Mubarak sebelumnya menjabat sebagai duta besar Yaman untuk Amerika Serikat (AS).

Sedangkan Letnan Jenderal Mohammed Ali al-Maqdashi telah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan baru Yaman di bawah formasi pemerintahan baru. Al-Maqdashi sebelumnya adalah kepala staf Angkatan Bersenjata Yaman.

Sementara Mayor Jenderal Yaman Ibrahim Haydan telah ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri Yaman seperti dikutip Sindonews dari Al Arabiya, Sabtu (19/12/2020).

Arab Saudi memperkenalkan Perjanjian Riyadh pada November 2019 untuk mencoba mengakhiri perselisihan di selatan negara yang muncul pada 2017 antara pemerintah Yaman yang diakui PBB dan separatis Dewan Transisi Selatan (STC).

Baca juga: Setelah 79 Tahun, Mantan Penjaga Kamp Nazi Berusia 1 Abad Ini Berurusan Dengan Pengadilan

Sumber Koalisi Arab mengatakan awal pekan lalu bahwa pemerintah baru Yaman akan dibentuk segera setelah transfer militer di bawah Perjanjian Riyadh selesai.


Informasi Anda Genggam


Loading...