Menteri Kesehatan yang Baru Bukan Seorang Dokter, Begini Tanggapan dr Tirta

M. Iqbal
Rabu, 23 Desember 2020 | 10:18 WIB
Dokter Tirta R24/ibl Dokter Tirta

RIAU24.COM - Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto. Penggantian itu ditanggapi oleh Dokter Tirta.

Dilansir dari Okezone.com, Rabu, 23 Desember 2020, Dokter Tirta menyebutkan, keputusan itu akan membawa perubahan yang lebih baik, khususnya di perataan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

"Menkes dari non kesehatan? Justru bagi saya ini kesempatan, karena Pak Budi bisa merapikan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia agar setara," ujarnya diakun Instagram pribadinya.

Baca juga: Ustaz Zacky Mirza Tiba-tiba Jatuh Pingsan Saat Ceramah di Pekanbaru, Begini Kondisinya Saat Ini

Dia menjelaskan jika banyak negara-negara lain yang Menkes-nya tidak berasal dari kalangan kesehatan atau kedokteran. Dikatakan dr Tirta, background BGS dari BUMN akan menguatkan sistem pelayanan faskes.

"Banyak Menkes dari non-kesehatan, karena buat mantengin sistem pelayanan fasilitas kesehatan yang sangat terkait dengan pengalaman beliau di Kementerian BUMN," tambahnya.

Tak hanya Dokter Tirta yang tak mempermasalahkan Menkes Budi Gunadi yang bukan seorang dokter. Profesor Zubairi Djoerban, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi pun tidak ada masalah bahwa Menkes yang baru bukan dokter.

Baca juga: Diprotes Keras, Tokoh Pendiri NU 'Hilang' dari Kamus Sejarah Indonesia, Kementerian Dikbud Jawab Begini

"Mau latar belakangnya itu fisika nuklir, kesmas, dokter, epidemiolog atau apa, asal kemampuan manajerialnya bagus dan tahu persis persoalan di lapangan, ya, tidak masalah," katanya.

"Poin besarnya, kebijakan baru ini kan tak hanya untuk saya, tapi untuk penyintas kanker, lupus, HIV/AIDS, Covid-19, dan masalah kesehatan lain seluruh rakyat Indonesia. Semoga dia bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan memutuskan kebijakan yang tepat. Tantangan untuknya lumayan berat, karena masalah kesehatan di Indonesia banyak banget, wabil khusus Covid-19. Semoga dia (BGS) punya visi misi yang baik dan program yang jelas. Selamat bekerja Pak Menteri," jelasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...