Pemerintah Tutup Akses Masuk WNA, Begini Komentar NasDem Keselamatan WNI yang Utama

M. Iqbal
Selasa, 29 Desember 2020 | 13:50 WIB
Ketua DPP NasDem, Willy Aditya R24/ibl Ketua DPP NasDem, Willy Aditya
Bea Cukai

RIAU24.COM - Partai NasDem menanggapi soal Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang melarang warga negara asing (WNA) masuk ke Tanah Air sebagai dampak penyebaran varian baru virus Corona di luar negeri.

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya menilai jika kebijaka pembatasan WNA itu langkah tepat untuk mengutamakan keselamatan WNI.

"Hal ini sangat diperlukan untuk mengendalikan terjadinya kemungkinan situasi yang belum dapat diperhitungkan. Banyak negara juga melakukan hal yang sama untuk melindungi warga negaranya," kata dia dilansir dari Detik.com, Selasa, 29 Desember 2020.

Baca juga: Viral! Netizen Bandingkan Pesulap merah dan Buya Yahya Dalam Membongkar Praktek Perdukunan

Anggota Komisi I DPR RI itu menambahkan, langkah pemerintah menutup akses WNA ke dalam negeri juga langkah yang sangat diperlukan. Pasalnya penyebaran varian baru Corona ini jauh lebih cepat menyebar.

"Varian baru Corona yang dikatakan jauh lebih cepat menyebarnya ini hasil riset laboratorium (infitro). Namun demikian hal ini sangat patut menjadi pertimbangan pemerintah demi keselamatan warga negara. Hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat," jelasnya.

Selain itu, dia mengingatkan kebijakan pembatasan Kemlu juga perlu diikuti protokol teknis. Ia menekankan pentingnya kejelasan protokol agar semua pihak dapat menaatinya aturan itu.

Baca juga: Waspada! Pempek Ikan Busuk Dijual di Emperan Kaki Lima Jawa Barat

"Langkah Kemenlu ini harus diikuti dengan protokol teknis yang diperlukan seperti tentang protokol kedatangan WNI kembali ke Indonesia, WNA petugas kemanusiaan, WNA Pejabat Diplomatik dan Misi Kenegaraan, WNA dalam misi undangan kenegaraan dan lain sebagainya. Dengan adanya kejelasan protokol, saya kira siapapun akan menaatinya," jelas Willy.


Informasi Anda Genggam


Loading...