Batal Jadi Juri, Jack Ma Menghilang dari Publik, Gara-gara Kritik Bank China

Riki Ariyanto
Minggu, 03 Januari 2021 | 23:52 WIB
Batal Jadi Juri, Jack Ma Menghilang dari Publik, Gara-gara Kritik Bank China R24/riki Batal Jadi Juri, Jack Ma Menghilang dari Publik, Gara-gara Kritik Bank China

RIAU24.COM -  Salah satu orang terkaya di dunia, Jack Ma kembali  kabar dunia bisnis di China. Kabar terbaru Jack Ma batal jadi salah satu juri acara di TV.

Baca juga: Pekerjaannya Terkuak, Bintang Porno Ini Ngeri dengan Reaksi Pamannya

Posisi juri Jack Ma digantikan seorang eksekutif Alibaba, Lucy Peng, untukjuri di final program kompetisi televisi, Africa’s Business Heroes.

Acara itu akan tayang pada musim semi 2021 hanya saja pengambilan gambarnya dimulai pada November 2020. Ketidakhadiran Ma di acara final dikaitkan dengan pernyataannya yang mengkritik bank pemerintah China.

Baca juga: Dalam Pergantian Peristiwa Ajaib, Pria Bertahan Setelah Jatuh dari Atap 30 Kaki dan Mematahkan Setiap Tulang di Tubuhnya

Penawaran umum saham atau IPO perusahannya Ant Group juga dibatalkan pemerintah setelah pernyataan itu. Bukan hanya itu, pria yang mengantongi kekayaan 51 miliar dolar AS itu juga tidak pernah terlihat lagi di publik sejak gejolak ini.

 

Ketidakhadiran Ma di acara final dikaitkan dengan pernyataannya yang mengkritik bank pemerintah China. Penawaran umum saham atau IPO perusahannya Ant Group juga dibatalkan pemerintah setelah pernyataan itu. Bukan hanya itu, pria yang mengantongi kekayaan 51 miliar dolar AS itu juga tidak pernah terlihat lagi di publik sejak gejolak ini.

 

Namun juru bicara Alibaba menepis hilangnya Ma dari acara tersebut terkait permasalahan dengan pemerintah."Karena konflik jadwal, Ma tidak bisa lagi menjadi bagian dari panel juri terakhir Africa’s Business Heroes," ujarnya, dikutip dari Mirror, Minggu (3/1/2021).

 

Baca Juga: Harta Miliarder China Pecah Rekor, Resesi Tak Ngefek Bos

 

Ma dalam pidatonya mengkritik keras bank-bank China dengan menyebut mereka memiliki mental seperti pegadaian, serta menuduh memperlambat inovasi. Presiden Xi Jinping, menurut laporan Wall Street Journal, tidak suka dengan pernyataan Ma itu.

 

Dia lalu memerintahkan agar IPO Ant Group ditangguhkan. Beberapa hari kemudian, China meluncurkan aturan baru yang sangat mengekang perusahaan, termasuk penyelidikan soal dugaan praktik monopoli di Ant Group. Seorang kontestan mengatakan ada sesuatu yang terjadi dengan Jack Ma di China sehingga posisinya digantikan Lucy.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...