Sebut Sosok Ini yang Akan Jadi Kapolri, Amien Rais: Kalau Saya Keliru, Alhamdulillah

Siswandi
Senin, 04 Januari 2021 | 13:16 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto: int R24/wan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto: int

RIAU24.COM -  Hingga saat ini, belum ada kepastian siapa yang akan menggantikan Jenderal Idham Aziz menjadi orang nomor satu di tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Meski sejumlah nama sudah santer beredar, namun semua masih menjadi teka-teki yang belum terpecahkan. Seperti diketahui, pergantian Kapolri menjadi isu hangat karena Idham Aziz akan memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021 ini. 

Dari sekian nama yang kini beredar, mantan Ketua MPR yang juga pendiri Partai Ummat, Amien Rais, punya prediksi sendiri. Menurutnya, dari beberapa nama yang beredar, ada satu jenderal yang dianggapnya bakal dipilih menjadi Kapolri. Amien menilai, sosok ini paling cocok dengan Presiden Jokowi.

"Kalau saya tidak mendahului takdir, saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi itu Kabareskrim sekarang yaitu, Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Kalau sampai tidak jadi, enggak apa-apa, saya malah senang," ungkapnya, di akun youtubenya Amien Rais official, Senin 4 Januari 2020.

Baca juga: Tak Sabar Ingin Punya Anak Kedua, Raffi Ahmad Sebut Nagita Slavina Sempat Ajak Jalani Program Bayi Tabung

Dilansir viva, mengenai apa alasannya memprediksi sosok Listyo, Amien Rais punya alasan. Menurutnya, Listyo punya kedekatan dengan Jokowi karena pernah menjaga kampung halaman Jokowi di Solo. Ketika itu, tepatnya tahun 2011 lalu, Listyo pernah menjabat sebagai Kapolres Surakarta.

"Ini adalah logika saya sebagai pengamat, bahwa ini yang paling nyaman, yang paling aman, paling cocok dengan Pak Jokowi. Kalau saya keliru, Alhamdulillah malahan, dan saya yakin ini yang dipilih," lontarnya lagi. 

Untuk diketahui, Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun akhir Januari 2021. Saat ini, sejumlah nama jenderal bintang tiga sudah beredar dan disebut-sebut berpeluang menjadi orang nomor satu di tubuh Polri. 

Baca juga: Potret Usil Hamish Daud, Netizen: Raisa Gitu Aja Tetap Cantik

Komjen Listyo sendiri, saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Di dilantik sejak 6 Desember 2019 lalu, menggantikan Idham Azis. Sedangkan Idham sendiri dipilih Jokowi menjadi Kapolri.

Listyo merupakan pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Ia punya catatan istimewa, karena tercatat sebagai Komjen termuda dengan usia 51 tahun. *** 

Berikut catatan karir Komjen Listyo Sigit Prabowo: 

Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya
Kepala Kepolisian Resor Pati (2009)
Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010)
Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang
Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta (2011)
Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012)
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara (2013)
Ajudan Presiden RI (2014)
Kepala Kepolisian Daerah Banten (2016)
Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2018)
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (2019)

Sumber: viva 


Informasi Anda Genggam


Loading...