Kulit Anda Kasar dan Gusi Sering Berdarah, Ketahuilah Jika Anda Mengidap Penyakit Ini

Devi
Jumat, 08 Januari 2021 | 09:41 WIB
Foto : Mstar R24/dev Foto : Mstar

RIAU24.COM -  VITAMIN C sangat penting bagi tubuh manusia dan harus diminum secara teratur untuk menghindari masalah kesehatan. Ini sebenarnya termasuk dalam kelompok vitamin yang larut dalam air. Berbeda dengan vitamin yang larut dalam lemak, vitamin C tidak disimpan di dalam tubuh.

Karena tubuh manusia tidak menyimpan atau memproduksi vitamin C secara alami, penting bagi kita untuk mendapatkan vitamin tersebut melalui makanan dan suplemen.

Berikut beberapa tanda dan gejala kekurangan vitamin C yang harus diperhatikan.

1. Kulit menjadi kasar

Vitamin C berperan dalam memproduksi kolagen, yaitu protein yang menyerap kulit, rambut, persendian, tulang, dan pembuluh darah. Oleh karena itu, jika tubuh seseorang kekurangan vitamin C, akan terjadi kondisi kulit yang disebut pilaris keratosis.

Untuk mengenali kondisi ini, kulit ayam akan tampak seperti kulit ayam yang membengkak - muncul benjolan kecil seperti jerawat di lengan atas dan paha akibat terbentuknya protein keratin di pori-pori.

Baca juga: Dokter Turun Tangan Soal Tren Ayam Ngantuk: Ayam Direbus dengan Obat Flu

2. Bintik merah di kulit

Folikel rambut di permukaan kulit banyak mengandung pembuluh darah kecil dan ketika tubuh kekurangan vitamin C, pembuluh darah kecil ini bisa menjadi rapuh dan mudah pecah sehingga timbul bintik-bintik merah kecil di sekitarnya.

Kondisi ini dikenal sebagai perdarahan perifollicular. Mengonsumsi vitamin C selama dua minggu bisa mengatasi masalah ini.

3. Luka sembuh perlahan

Kekurangan vitamin C dapat memperlambat pembentukan kolagen dan dapat menyebabkan luka pada tubuh sembuh perlahan.

Dalam beberapa kasus, luka tidak hanya sembuh lambat tetapi juga bisa bertambah parah dan meningkatkan risiko infeksi bakteri.

Baca juga: Studi Menunjukkan Mengenakan Masker Wajah Meningkatkan Daya Tarik Seseorang

4. Nyeri sendi

Sendi manusia memiliki banyak jaringan kaya kolagen dan fungsinya bisa terganggu akibat kekurangan vitamin C sehingga mudah sakit.

5. Gusi berdarah dan pencabutan gigi

Gusi merah, bengkak, dan berdarah adalah tanda lain akibat kekurangan vitamin C. Tanpa vitamin C yang cukup, jaringan di gusi menjadi lemah dan dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan gusi mudah berdarah.

Pada tingkat kekurangan vitamin C yang parah, gusi bisa menjadi hitam dan berbau. Ini dapat menyebabkan gigi mudah rusak karena gusi yang tidak sehat yang mempengaruhi lapisan dalam gigi.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...