Sudah Dievaluasi Mendagri, Hardianto: APBD Riau 2021 Tidak Ada Yang Dicoret Tapi Ada Catatan

Riko
Jumat, 15 Januari 2021 | 19:20 WIB
Hardianto R24/riko Hardianto

RIAU24.COM DPRD Riau telah menerima hasil evaluasi Mendagri terhadap APBD Riau 2021. Hal ini disampaikan oleh wakil ketua DPRD Riau Hardianto. Kamis 14 Januari 2021.

Baca juga: Ada Penambahan 55 Kasus Baru, Berikut ini Update Covid-19 di Provinsi Riau

"Sudah kita terima, dan bulan Desember 2020 lalu kita sudah lakukan rapat penyempurnaan terhadap hasil evaluasi tersebut,"kata Hardianto.

Dikatakan Hardianto dalam penyempurnaan itu memang ada sejumlah catatan dari Mendagri terkait APBD Riau ini salah satunya yang krusial adalah berkaitan dengan rumah layak huni. 

Dimana rumah layak huni kata Hardianto secara teknis sebelumnya kewenangan dipegang oleh dinas PUPR Riau. Dan sekarang sesuai UU 23 tahun 2014 dan mengacu permendagri no 90 tahun 2019 cantolanya berubah menjadi bantuan keuangan khusus untuk pemerintah kabupaten dan kota.

"Maka dari itu pilihannya ketika penyempurnaa itu ada dua kalau kita melaksanakan di provinsi maka nanti prosesnya dihibahkan dulu ke kementerian baru dihibahkan pada masyarakat penerima dan kerjanya panjang, dan akhirnya kemarin itu Pemrov Riau dan DPRD sepakat bahwa menjadikan bantuan keuangan khusus. Yang teknisnya diserahkan pada pemrov Riau dengan memanggil dan menggundang kabupaten dan kota untuk membicarakan persatuan persepsi,"bebernya.

Baca juga: Sumatera Utara Terbanyak Penambahan Kasus Covid-19 Hari Ini

Untuk diketahui DPRD dan Pemerintah provinsi Riau telah mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2021 sebesar Rp9,132 triliun. Senin 30 November 2020. Jumlah ini turun 10 persen dari APBD 2020.


Informasi Anda Genggam


Loading...