Terkuak, Dokter di China Bungkam Tentang Asal Virus Corona yang Sebenarnya

Devi
Senin, 18 Januari 2021 | 17:35 WIB
Foto : Mirror R24/dev Foto : Mirror

RIAU24.COM -  Dokter dari pusat gempa Covid, Wuhan dilaporkan tertangkap kamera mengakui bahwa mereka 'dibungkam' tentang virus yang muncul pada Desember 2019. Laporan mengatakan bahwa film dokumenter ITV baru, Wabah: Virus yang Mengguncang Dunia, akan menunjukkan seorang petugas medis membuat klaim yang mengejutkan tersebut. Dalam potongan itu, dia mengatakan: "Kami diberitahu untuk tidak berbicara. Pimpinan provinsi mengatakan kepada rumah sakit untuk tidak mengatakan yang sebenarnya.”

Seorang petugas medis senior Wuhan akan mengklaim: "Kami semua merasa tidak perlu ada keraguan tentang penularan dari manusia ke manusia," lapor The Sun. Film dokumenter itu menambahkan bahwa Covid menyebar dengan cepat selama 12 hari sejak 5 Januari, tetapi China tidak melaporkan kasus baru.

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Tempat Hiburan Rahasia ini Langsung Didenda Rp88 juta

Spesialis penyakit menular Dr Yi-Chun Lo, dari Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan, mengatakan: "Saya pikir pandemi bisa dihindari sejak awal jika China transparan tentang wabah dan dengan cepat memberikan informasi yang diperlukan kepada dunia."

Film dokumenter tersebut dirilis setelah salah satu pejabat pemerintah paling senior di Amerika tampaknya mendukung teori konspirasi tentang asal mula pandemi. Dia membuat klaim bahwa teori yang paling 'kredibel' tentang asal usul virus corona adalah bahwa virus itu lolos dari laboratorium di China.

Matthew Pottinger, yang merupakan Wakil Penasihat Keamanan Nasional Presiden Donald Trump, mengatakan bahwa bahkan para pemimpin China sekarang secara terbuka mengakui klaim mereka sebelumnya bahwa virus yang berasal dari pasar Wuhan adalah palsu. Pottinger mengatakan bahwa data intelijen terbaru menunjuk ke virus yang bocor dari Institut Virologi Wuhan yang sangat rahasia, 11 mil dari pasar, dengan mengatakan: "Ada semakin banyak bukti bahwa laboratorium kemungkinan adalah sumber virus yang paling kredibel. . "

Dia mengklaim patogen itu mungkin telah lolos melalui 'kebocoran atau kecelakaan', menambahkan: "Bahkan tokoh-tokoh perusahaan di Beijing telah secara terbuka menolak cerita pasar basah."

Baca juga: Gegara Pandemi, Mantan PSK di Meksiko Kambuh Lagi, Layani Pelangan dalam Mobil Sampai Trotoar

Kemarin, dilaporkan bahwa pemerintahan Donald Trump meningkatkan tuduhan bahwa China menutupi keberadaan penyakit tersebut. Klaim dibuat bahwa laporan intelijen akan dirilis 'dalam beberapa hari' yang berisi bukti peneliti Wuhan jatuh sakit dengan gejala mirip Covid-19 jauh sebelum dunia mengetahui virus tersebut.

Inggris menolak untuk berspekulasi, tetapi meminta China untuk membantu penyelidik mencari jawaban. Beijing berulang kali membantah teori tersebut, dengan mengatakan wabah dimulai di kota itu pada akhir Desember 2019. Organisasi Kesehatan Dunia pekan lalu mengirim tim peneliti ke China, hampir setahun setelah pandemi dimulai.


Informasi Anda Genggam


Loading...