Gempa Berkekuatan 6,4 Guncang Provinsi San Juan Argentina, Tidak Ada Peringatan Tsunami

Devi
Selasa, 19 Januari 2021 | 16:04 WIB
Foto : CNN R24/dev Foto : CNN

RIAU24.COM -  Gempa berkekuatan 6,4 telah melanda provinsi San Juan di barat-tengah Argentina pada Senin malam, menurut laporan awal dari Survei Geologi Amerika Serikat. Serangkaian gempa susulan terjadi di seluruh negeri. Gempa susulan berkekuatan 5,0 melanda 27 kilometer (sekitar 16,8 mil) selatan-barat daya Nueve de Julio, sekitar 1.000 km (620 mil) timur gempa pertama dan hampir 20 menit kemudian.
Kemudian, gempa berkekuatan 4,9 datang di daerah yang sama dengan gempa pertama, diikuti gempa susulan berkekuatan 5,3.

Gempa berkekuatan 4,9, 5,0 dan 5,3 dianggap sebagai gempa susulan karena kekuatannya lebih kecil dari gempa utama dan di area yang sama.

Baca juga: Ayah Tujuh Anak Ini Lumpuh Setelah Disuntik Vaksin Johnson & Johnson



Tidak ada cedera yang dilaporkan sejauh ini, menurut Gubernur San Juan Sergio Uñac. Berdasarkan data yang tersedia, tidak ada ancaman tsunami saat ini, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC).
Berbicara pada konferensi pers Selasa pagi, Uñac mengatakan otoritas lokal masih menganalisis kerusakan, yang berdampak pada jalan dan jalan raya di provinsi itu. Beberapa lokasi mengalami pemadaman listrik, dan rumah mengalami kerusakan di kota Caucete. Empat orang harus dievakuasi dari rumah mereka di kota Zonda, di San Juan.

Gubernur menambahkan, layanan kelistrikan kini secara bertahap dibuka kembali. Tidak ada bangunan umum yang rusak; beberapa rumah sakit melaporkan pecahan kaca, tetapi tidak mengalami kerusakan struktural yang besar.

Uñac mengimbau masyarakat untuk tetap tenang setelah gempa melanda.

Baca juga: Media Sosial India Dibanjiri Teriakan Bantuan Keluarga Penderita COVID-19 di Tengah Meningkatnya Kasus



Dia menambahkan bahwa provinsi itu bekerja dengan pasukan sipil dan keamanan untuk menstabilkan kondisi. Dalam pernyataan awalnya, PTWC mencatat kedalaman gempa sekitar 20 kilometer (12,43 mil).


Internasional
Informasi Anda Genggam


Loading...