Hewan Terbesar Yang Pernah Berjalan di Bumi Telah Ditemukan di Argentina

Devi
Kamis, 21 Januari 2021 | 16:15 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Tumpukan tulang baru telah ditemukan oleh para ilmuwan di Argentina yang sekarang diyakini sebagai milik dinosaurus terbesar yang pernah hidup. Dengan asumsi ini, dinosaurus juga menjadi hewan darat terbesar yang pernah hidup.

Tulang fosil telah ditemukan di Provinsi Neuquén Argentina dan penemuan tersebut telah dijelaskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Cretaceous Research. Sesuai makalah penelitian, tulang itu milik titanosaurus, anggota kelompok sauropoda.

Baca juga: Rusia Klaim Telah Bunuh 200 Pejuang Suriah Penentang Rezim Bashar Al Assad Lewat Serangan Udara

Sauropoda adalah dinosaurus seperti yang terlihat dalam seri Jurassic Park, memiliki leher, ekor, dan kaki seperti pilar yang sangat panjang. Titanosaurus adalah sauropoda raksasa, yang diyakini telah mendominasi wilayah Amerika Selatan sampai peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen - hantaman asteroid yang memusnahkan sebagian besar kehidupan dari Bumi, jelas sebuah laporan Salon.

Dari analisis fosil tersebut, para ilmuwan berspekulasi bahwa spesimen tersebut adalah "salah satu sauropoda terbesar yang pernah ditemukan, mungkin ukurannya melebihi Patagotitan". Bagi mereka yang tidak menyadarinya, Patagotitan mayorum, saat ini, berspekulasi sebagai hewan darat terbesar di dunia sepanjang masa. Perkiraan ukuran ini didasarkan pada ukuran tulang fosil yang ditemukan.

Adapun fosil titanosaurus yang ditemukan baru-baru ini, masih diperlukan kejelasan untuk memperkirakan ukurannya yang tepat, karena beberapa tulang dari fosil tersebut belum ditemukan.

Baca juga: Usulan Anies Dipuji Sekjen PBB, Politisi PDIP Sebut Dua Sosok Ini Yang Lebih Dulu Buat Konsep

Alejandro Otero, salah satu penulis studi, dalam interaksi dengan Salon, menunjukkan bahwa spesimen baru “berasal dari usia yang lebih muda daripada Patagotitan.” Yang membuat para ilmuwan tertarik adalah proporsi tulang panggul dan tulang belakang dinosaurus, seperti serta penampilan duri saraf (seperti yang terlihat di punggung banyak dinosaurus) yang semuanya berukuran raksasa.

Ahli paleontologi percaya bahwa titanosaurus hidup di daerah yang sama dengan patagotitan dan puertasaurus, seperti yang didukung oleh penemuan fosil baru. Fosil yang baru ditemukan juga menunjukkan keberadaan titanosaurus seperti itu dengan sauropoda yang lebih kecil, menunjukkan keberadaan spesies berbeda di lingkungan yang sama.


Informasi Anda Genggam


Loading...