Said Didu Pertanyakan 153 WNA China Masuk ke Indonesia: Berarti China Sudah Bukan Luar Negeri

M. Iqbal
Senin, 25 Januari 2021 | 13:50 WIB
Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu R24/ibl Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu
Bea Cukai

RIAU24.COM - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu mempertanyakan tentang masuknya 153 warga negara China ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten pada Sabtu, 23 Januari 2021 lalu.

Kedatangan para WAN China itu menjadi polemik dikarenakan kedatangan mereka bertepatan dengan kebijakan pemerintah yang melakukan pembatasan sementara orang asing masuk wilayah NKRI karena alasan wabah corona.

Said Didu sendiri bertanya apakah China bukan lagi bagian dari negara-negara asing bagi Indonesia.

Baca juga: Viral! Netizen Bandingkan Pesulap merah dan Buya Yahya Dalam Membongkar Praktek Perdukunan

"Katanya dilarang pendatang dari luar negeri. Berarti China sudah bukan luar negeri?" ujarnya dilansir dari Rmol.id, Senin, 25 Januari 2021.

Sementara itu, Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh membenarkan jika Pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou mendarat di Bandara Soetta dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN China dan 18 WNI.

Baca juga: Waspada! Pempek Ikan Busuk Dijual di Emperan Kaki Lima Jawa Barat

Nursaleh menjelas jika 153 WNA tersebut terdiri dari 150 orang dengan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP) serta tiga orang dengan visa diplomatik.

Dia memastikan seluruh penumpang asing tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Imigrasi tentang Pembatasan Sementara Masuknya Orang Asing ke Wilayah Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19.


Informasi Anda Genggam


Loading...