Beredar Gambar di Medsos Isinya Ustaz Abdul Somad Divaksin Covid-19, Ternyata Ini Aslinya

Siswandi
Senin, 25 Januari 2021 | 16:45 WIB
Gambar yang berisi UAS sedang disuntik vaksin, yang ternyata hoaks alias hasil editan. Foto: int R24/wan Gambar yang berisi UAS sedang disuntik vaksin, yang ternyata hoaks alias hasil editan. Foto: int

RIAU24.COM -  Belum lama ini beredar gambar yang diunggah akun Facebook Anto Sies, yang berjudul “Kesan Abdul Somad Saat Divaksin: Ndak Terasa Sakit, Tak Sesakit Ditinggal Pas Lagi Sayang-Sayangnya”. Rekaman video itu merupakan hasil tangkapan layar artikel Radar Petamburan yang diunggah pada Kamis (21/1/2021) lalu.

Dalam gambar itu terlihat Ustaz Abdul Somad tengah disuntik oleh petugas kesehatan. Memang benarkah demikian? 

Namun berdasarkan hasil penelusuran, sepreti dilansir turnbachoax.id, tidak ditemukan artikel berita Radar Petamburan seperti pada gambar hasil tangkapan layar yang diunggah Akun Anto Sies tersebut. 

Baca juga: Salut! Ririe Fairus Minta Stop Hujat Nissa Sabyan dan Mantan Suaminya: Saya Masih Menghargai dan Menyayanginya, Saya Rela Melepaskan Asal Dia Bahagia

Diketahui gambar tersebut adalah hasil suntingan/editan. Gambar aslinya adalah petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) saat simulasi di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali, Kamis (10/12/2020).

Dilansir kembali oleh viva, Senin 25 Januari 2021, gambar asli ditemukan pada artikel antarafoto.com yang berjudul “Simulasi Vaksinasi Covid-19” Kamis (10/12/2020). 

Di dalamnya diterangkan bahwa petugas kesehatan di Bali menggelar simulasi penyuntikkan vaksin Covid-19 sebagai bentuk persiapan penyuntikkan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Sudah Diduga! Ternyata Ini Alasan Suami Vanessa Angel Selingkuh dengan Pelakor

Dengan demikian, gambar hasil tangkapan layar yang diunggah oleh akun Facebook Anto Sies itu adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten satire/parodi. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...